Neng Irma, 2102049 (2024) Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini Kelas B Di RA Baiturrahmat Neglasari Kecamatan Cipongkor Bandung Barat. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.
(Cover).pdf - Published Version
Download (167kB)
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (149kB)
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (185kB)
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (174kB)
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (264kB)
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (89kB)
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (110kB)
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (671kB)
Abstract
Gadget menonjolkan inovasi dan desain yang lebih kecil.Gadget merupakan istilah yang berasa dari bahasa yang menirukan kepada perangkat elektronik kecil yang memiliki fungsi khusus. Gadget cenderung cerdas dubandingkan dengan teknologi konvensional pada saat ditemukannya. Gadget memiliki perbedaan dengan teknologi lain yaitu memiliki unsur kebaruan dan bentuknya yang lebih kecil. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif. Dimana peneliti menggunakan data statistik sebagai acuan penelitian. Peneliti akan mengukur pengaruh penggunaan gadget terhadap kemampuan sosial emosional anak usia dini di kelas B RA. Baiturrahmat Neglasari. Jenis penelitian ini merupakan Ex-post facto. Merupakan suatu penelitian yang telah terjadi dan kemudian melihat kebelakang untuk mengetahui faktor – faktor yang dapat menimbulkan kejadian tersebut. Perkembangan sosial emosional anak di Ra. Baiturrahmat Neglasari masih tergolong belum berkembang, dibuktikan dengan banyaknya anak yang mendapatkan skor 12 -15 pada penelitian observasi perkembangan sosial emosional. Penggunaan gadget mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan sosial emosional anak di kelas B RA. Baiturrahmat Neglasari. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t yang menunjukan nilai p sebesar 0,001 ( p 0,05 ). Besarnya pengaruh penggunaan gadget terhadap kemampuan sosial emosional anak adalah sebesar 87,7%. Penggunaan gadget yang berlebihan dapat menghambat perkembangan sosial emosional anak. Hal ini karena anak yang kecanduan gadget cenderung menghabiskan banyak waktu berkomunikasi dan bermain dengan gadget daripada belajar dan bersosialisasi dengan orang lain. Mereka juga rentang dengan konten yamng tidak pantas yang dapat membahayakan mereka secara mental dan emosional.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords / Katakunci: | Sosial Emosional, Penggunaan gadget |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisi / Prodi: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Neng Irma |
Date Deposited: | 17 Sep 2024 08:47 |
Last Modified: | 17 Sep 2024 08:47 |
URI: | http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1117 |