Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran PAI Di SMP Manggala Kabupaten Bandung

Iva Nurlathifa Awaliyah, 2101016 (2024) Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran PAI Di SMP Manggala Kabupaten Bandung. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (125kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (56kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (32kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu faktor dari rendahnya pemahaman materi pembelajaran dikarenakan kurangnya aktivitas dan keaktifan siswa dikelas dalam mengikuti proses pembelajaran pada mata pelajaran PAI. Sehingga siswa menjadi pasif kurang konsentrasi bahkan tidak peduli dengan pembelajarannya. Salah satu cara untuk menunjang keaktifan siswa yaitu dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching And Learning. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui sejauh mana pengaruh dan seberapa besar kontribusi pendekatan Contextual Teaching And Learning terhadap keaktifan siswa pada pembelajaran PAI. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuantitatif. Selain itu penelitian ini menggunakan metode eksplanasi ( explanatory resech) dengan meneliti hubungan atau pengaruh antara variabel dalam pengujian hipotesis. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Hasil dari perhitungan yang dilakukan peneliti bahwa terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran Contextual Teaching And Learning terhadap keaktifan siswa pada pembelajaran PAI. Hal ini ditunjukkan dengan : 1) menguji persamaan regresi Y ̌ = 8.974 + 0,564X, nilai Sig 0,00 < 0,05 dan koefisien regresi sebesar 0,662 yang artinya memiliki pengaruh yang signifikan 2) koefisien determinasi sebesar 31,8% sisanya dipengaruhi variabel lain. 3) perolehan hasil dari t_hitung > t_tabel 0,5989 > 0,1665 dengan tingkat kesalahan 5% artinya pendekatan pembelajaran Contextual Teaching And Learning terhadap keaktifan siswa pada pembelajaran PAI memiliki pengaruh yang signifikan dan menggambarkan arah hubungan yang positif.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Pendekatan Contextual Teaching And Learning; Keaktifan Siswa; Pendidikan Agama Islam
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Iva Nurlathifa Awaliyah
Date Deposited: 12 Aug 2024 08:02
Last Modified: 12 Aug 2024 08:04
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/998

Actions (login required)

View Item
View Item