Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini Dalam Mengenali Huruf Abjad Melalui Metode Demonstrasi Di RA Al-Mubarok

Siti Sopiatul Latifah, 1802018 (2023) Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini Dalam Mengenali Huruf Abjad Melalui Metode Demonstrasi Di RA Al-Mubarok. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (106kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (20kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Demonstrasi merupakan penggunaan yang memeragakan suatu kegiatan untuk memperjelas atau untuk memperlihatkan bagaimana melakukan sesuatu kepada peserta lain. Dengan kegiatan demostrasi guru dapat meningkatkan pemahaman anak melaluipenguasaan dan pengenalan huruf abjad. Penelitian ini menggunakan beberapa media pembelajaran, guna untuk mengetahui upaya meningkatkan kemampuan anak usia dini dalam mengenali huruf abjad melalui metode demonstrasi. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi yang terdiri dari 2 siklus, subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelompok A di RA Al-Mubarok dengan jumlah anak 12 orang yang terdiri dari 8 anak perempuan dan 4 anak laki-laki. Objek dalam penelitian ini metode demostrasi meningkatkan kemampuan Bahasa anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, dan hasil dokumentasi yang berupa foto kegiatan dan RPP. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan kemampuan bahasa anak di kelas A RA Al-Mubarok. Data hasil penelitian kemampuan Bahasa anak di kelas A melalui demonstrasi sebagai berikut siklus I pertemuan pertama kriteria mulai berkembang 35,4%% pada pertemuan kedua meningkat menjadi 50%%. Dan pertemuan ketiga menjadi 62,5%. Siklus II pada pertemuan pertama kemampuan Bahasa anak meningkat menjadi 77% dan di pertemuan kedua meningkat menjadi 91,6% yaitu di kriteria berkembang sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan Bahasa anak di kelas A dapat ditingkatkan melalui metode demonstrasi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Media Membelajaran, Kemampuan Bahasa, Metode Demonstrasi
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: perpus staidaf
Date Deposited: 12 Aug 2024 04:51
Last Modified: 12 Aug 2024 04:51
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/997

Actions (login required)

View Item
View Item