Aji Sukma Nurfazri, 2003001 (2024) Peran Guru Dalam Menumbuhkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas V MI Muslimin Citapen. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.
(Cover).pdf - Published Version
Download (265kB)
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (168kB)
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (202kB)
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (146kB)
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (260kB)
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (64kB)
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (42kB)
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini didasarkan hasil temuan lapangan yang menunjukkan beberapa peserta didik kelas V MIS Muslimin Citapen yang menyamakan jawaban dengan peserta didik yang lain serta terdapat beberapa peserta didik tidak selesai dalam mengerjakan tugas diberikan, ada juga peserta didik yang menguap di kelas ketika mendengarkan materi yang disampaikan oleh guru. Perilaku tersebut menunjukkan bahwa kemandirian belajar peserta didik kelas V MI Muslimin Citapen Kabupaten Bandung Barat masih rendah. Hal tersebut berkaitan erat dengan peran guru dalam menumbuhkan kemandirian belajar. Fokus penelitian ini adalah bagaimana peran guru dalam menumbuhkan kemandirian belajar peserta didik berdasarkan teori pedagogik. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumen. Data dianalisis menggunakan analisis lapangan model Miles dan Hubermen yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan peran guru dalam menumbuhkan kemandirian belajar pada tahap perencanaan pembelajaran memiliki tiga peran yang mencakup sebagai pembimbing, sebagai fasilitator, sebagai organisator. Pada tahap pelaksanaan pembelajaran peran guru dalam mengembangkan kemandirian belajar meliputi peran sebagai organisator, sebagai fasilitator, sebagai pembimbing, sebagai kulminator, dan sebagai pengelola kelas. Peran guru dalam penilaian kemandirian belajar peserta didik mencakup peran sebagai motivator dan korektor. Tingkat kemandirian belajar peserta didik kelas V MI Muslimin Citapen sebagian besar berkategori baik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords / Katakunci: | Kemandirian Belajar, Menumbuhkan, Peran Guru |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisi / Prodi: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Aji Sukma Nurfazri |
Date Deposited: | 09 Aug 2024 08:15 |
Last Modified: | 09 Aug 2024 08:15 |
URI: | http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/992 |