Peran Guru Dalam Menumbuhkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas V MI Muslimin Citapen

Aji Sukma Nurfazri, 2003001 (2024) Peran Guru Dalam Menumbuhkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas V MI Muslimin Citapen. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (265kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (64kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan hasil temuan lapangan yang menunjukkan beberapa peserta didik kelas V MIS Muslimin Citapen yang menyamakan jawaban dengan peserta didik yang lain serta terdapat beberapa peserta didik tidak selesai dalam mengerjakan tugas diberikan, ada juga peserta didik yang menguap di kelas ketika mendengarkan materi yang disampaikan oleh guru. Perilaku tersebut menunjukkan bahwa kemandirian belajar peserta didik kelas V MI Muslimin Citapen Kabupaten Bandung Barat masih rendah. Hal tersebut berkaitan erat dengan peran guru dalam menumbuhkan kemandirian belajar. Fokus penelitian ini adalah bagaimana peran guru dalam menumbuhkan kemandirian belajar peserta didik berdasarkan teori pedagogik. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumen. Data dianalisis menggunakan analisis lapangan model Miles dan Hubermen yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan peran guru dalam menumbuhkan kemandirian belajar pada tahap perencanaan pembelajaran memiliki tiga peran yang mencakup sebagai pembimbing, sebagai fasilitator, sebagai organisator. Pada tahap pelaksanaan pembelajaran peran guru dalam mengembangkan kemandirian belajar meliputi peran sebagai organisator, sebagai fasilitator, sebagai pembimbing, sebagai kulminator, dan sebagai pengelola kelas. Peran guru dalam penilaian kemandirian belajar peserta didik mencakup peran sebagai motivator dan korektor. Tingkat kemandirian belajar peserta didik kelas V MI Muslimin Citapen sebagian besar berkategori baik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Kemandirian Belajar, Menumbuhkan, Peran Guru
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aji Sukma Nurfazri
Date Deposited: 09 Aug 2024 08:15
Last Modified: 09 Aug 2024 08:15
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/992

Actions (login required)

View Item
View Item