Meningkatkan Sosial Emosional Melalui Pembelajaran Terpadu Berbasis Tema Dengan Bantuan Media Gambar Di SPS Taam Manba’urrosyad Kelas A (4-5 Tahun)

Dian Wulan Sari, 2102032 (2024) Meningkatkan Sosial Emosional Melalui Pembelajaran Terpadu Berbasis Tema Dengan Bantuan Media Gambar Di SPS Taam Manba’urrosyad Kelas A (4-5 Tahun). S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (149kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (432kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (52kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sosial emosional adalah proses belajar anak dalam menyesuaikan diri untuk untuk memahami keadaan serta perasaan Ketika berinteraksi dengan orang-orang di lingkungannya yang diperoleh dengan cara mendengar, mengamati dan meniru hal-hal yang dilihatnya. Maria Montessori (dalam Agusniatih dan Jane,2019), menyatakan bahwa anak usia dini merupakan periode sensitive atau masa peka, selama periode ini anak dapat dengan mudah menerima stimulus-stimulus dari lingkungan. Hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti di SPS Taam Manba’urrosyad berkenaan dengan dengan pengembangan sosial emosional anak masih masih ditemukan anak yang belum berkembang dari segi kompetensi penilaian sosial emosional. Penelitian kali ini yaitu mengenai Meningkatkan Sosial emosional melalui pembelajaran terpadu berbasis tema dengan bantuan media gambar. pembelajaran terpadu adalah sebuah pendekatan dalam pembelajaran sebagai suatu proses untuk mengaitkan dan memadukan materi ajar dalam satu mata pelajaran atau antar mata Pelajaran dengan semua aspek perkembangan siswa, kebutuhan dan minat anak, serta kebutuhan dan tuntutan lingkungan sosial. Media gambar merupakan suatu saranna pengajaran yang berbentuk gambar yang mengandung makna, situasi, keadaan, peristiwa dan benda. Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Cara dan penerapan Pembelajaran Terpadu Berbasis tema dengan bantuan media gambar media gambar di SPS Taam Manba’urrosyad kelas A dapat meningkatkan Sosial Emosional anak? dan Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat dalam Peningkatan kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Terpadu Berbasis Tema dengan bantuan media gambar Di SPS Taam Maba’urrosyad Kelas A?. Adapun tujuan penelitian yaitu Untuk mengetahui cara dan penerapan Pembelajaran Terpadu Berbasis tema dengan bantuan media gambar di SPS Taam Manba’urrosyad kelas A dapat meningkatkan Sosial Emosional anak dan Untuk mengetahui faktor apa saja yang mendukung dan menghambat dalam peningkatan kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Terpadu Berbasis Tema dengan bantuan media gambar di SPS Taam Manba’urrosyad Kelas A. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Kegiatan pembelajaran terpadu berbasis tema yang dilakukan oleh guru sps taam manba’urrosyad adalah Upaya yang dilakukan oleh pendidik dalam meningkatkan kecerdasan sosioemosional. Melalui pembelajaran terpadu berbasis tema dengan bantuan media gambar menurutnya perkembangan sosio emosional akan termotivasi berasal dari dalam diri anak usia dini. kegiatan belajar harus dibuat menarik sehingga siswa dan siswi dalam melakukan kegiatan belajar mengajar merasa senang dan sangat antusias. Sehingga besar kemungkinan dapat meningkatkan sosial emosional anak. Salah satu cara untuk membuat senang anak dalam proses kegiatan mengajar anak yaitu dengan menyajikan media gambar sehingga pembelajaran dapat berlangsung dengan tidak membosankan. Serta perkembangan sosial emosional anak usia dini dapat dikembangkan melalui kegiatan Rutin. Perkembangan sosial emosional pada anak usia dini mengikuti suatu pola tertentu, yaitu suatu perilaku yang teratur, displin dan baku (sesuai standar atau RPPH) berdasarkan kondisi optimal dalam lingkungannya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Sosial emosional, pembelajaran terpadu berbasis tema, anak usia dini
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Dian wulan sari
Date Deposited: 09 Aug 2024 07:54
Last Modified: 09 Aug 2024 07:54
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/990

Actions (login required)

View Item
View Item