Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Melalui Media Pembelajaran Berbasis Video Di Kelas IV MI Amanah Ma'mun

Rizky Reza Septiana, 1703003 (2021) Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Melalui Media Pembelajaran Berbasis Video Di Kelas IV MI Amanah Ma'mun. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Kabupaten Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (104kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (68kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (43kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Prestasi belajar adalah usaha maksimal yang dicapai oleh seseorang setelah melaksanakan usaha-usaha belajar. Media pembelajaran berbasis video adalah seperangkat komponen atau media yang mampu menampilkan gambar sekaligus suara secara bersamaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap penerapan metode pembelajaran pada mata pelajaran fiqih di kelas IV MI Amanah Ma‟mun, penerapan media pembelajaran berbasis video pada mata pelajaran fiqih, hasil penerapan media pembelajaran berbasis video pada mata pelajaran fiqih, dan faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan media pembelajaran berbasis video. Desain penelitian dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan yang dilakukan ialah tindakan yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik di kelas IV MI Amanah Ma‟mun dengan menggunakan media pembelajaran berbasis video. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Amanah Ma‟mun yang berjumlah 8 orang. Karena jumlah populasinya kurang dari 100 maka dalam pengambilan sampel peneliti mengambil semua sampel dari populasi yang berjumlah hanya 8 orang. Berdasarkan hasil pengolahan data, hasil penelitian ini secara umum dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis video dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan melalui kegiatan pretest dan posttest. Pada pretest siklus I persentase ketuntasan belajar siswa hanya 50% kemudian pada posttest siklus I meningkat menjadi 62,5%. Lalu pada pretest siklus II persentase ketuntasan belajar siswa hanya 25% kemudian pada posttest siklus II meningkat menjadi 100%. Peneliti melaksanakan siklus III dengan tujuan agar medapatkan data yang lebih kuat dan hasilnya pada pretest siklus III sebesar 87,5% dan pada posttest siklus III meningkat menjadi 100%. Hal ini membuktikan bahwa media pembelajaran berbasis video sangat positif diterapkan di kelas IV MI Amanah Ma‟mun.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Prestasi Belajar Siswa, Media Pembelajaran, Video Pembelajaran
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan STAI Darul Falah
Date Deposited: 28 Jul 2023 18:37
Last Modified: 28 Mar 2024 04:17
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/98

Actions (login required)

View Item
View Item