Pengaruh Pengaplikasian Metode Mnemonic Terhadap Daya Ingat Belajar Siswa Pada Subbab Syirkah Dalam Pokok Bahasan Prinsip dan Praktik Ekonomi Islam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI SMA Darul Falah

Ahmad Andy Setiady, B1801039 (2022) Pengaruh Pengaplikasian Metode Mnemonic Terhadap Daya Ingat Belajar Siswa Pada Subbab Syirkah Dalam Pokok Bahasan Prinsip dan Praktik Ekonomi Islam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI SMA Darul Falah. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (398kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (506kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (576kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (367kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Mayoritas siswa kelas XI terkendala sub bab Syirkah mata pelajaran Prinsip dan Praktek Ekonomi Islam. Untuk mengetahui besaran pengaruh peningkatan kemampuan daya ingat belajar siswa, serta mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan daya ingat belajar siswa yang menggunakan metode mnemonic dan yang menggunakan metode konvensional pada subbab Syirkah pokok bahasan prinsip dan praktik ekonomi Islam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Darul Falah pada tahun ajaran 2021-2022. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen. Objek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 1 (Eksperimen) = 30 orang dan siswa kelas XI MIPA 2 (Kontrol) = 30 orang. Pengolahan data berbantuan aplikasi SPSS 26. Hasil analisa statistik inferensial untuk kelas eksperimen memiliki nilai sig sebesar 0,154. Karena nilai sig>0,05, maka artinya tidak terdapat peningkatan yang signifikan. Sedangkan nilai persamaan regresinya bersifat positif yaitu Y=85.898 + 3.768x. Mengacu dasar pengambilan keputusan, meskipun tidak ada pengaruh signifikan nilai posttest dan N-Gain dari kelas eksperimen, tetapi memiliki hubungan positif tetapi bersifat lemah, hal tersebut terlihat dari garis linier mengarah ke atas. Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah tidak terdapat perbedaan kemampuan daya ingat belajar siswa antara siswa yang menggunakan metode mnemonic dan siswa yang menggunakan metode konvensional. Tidak dapat dipungkuri terdapat faktor-faktor pendorong dan pendukung dari keberhasilan penerapan sebuah metode pembelajaran, demikian juga dengan penggunaan metode mnemonik. Jika faktor pendukung seperti motivasi belajar siswa dan kepiawaian guru dalam menerapkan metode ini, maka memiliki potensi dalam meningkatkan kemampuan daya ingat belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Daya Ingat Belajar, Metode Mnemonic, Mata Pelajaran PAI
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: perpus staidaf
Date Deposited: 10 Aug 2024 07:58
Last Modified: 10 Aug 2024 07:58
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/977

Actions (login required)

View Item
View Item