D. Abdul Hamid A, 1901079 (2023) Implementasi Focus Grup Discussion Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X Di MA Al-Mukhtariyah Mande. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.
(Cover).pdf - Published Version
Download (226kB)
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (335kB)
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (351kB)
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (254kB)
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (484kB)
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (161kB)
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (211kB)
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Dewasa ini proses pembelajaran adalah hal yang sangat fundamental dalam menentukan keberhasilan suatu pembelajaran, Dalam perkembangan jaman saat ini perlu adanya inovasi inovasi baru dalam melaksanakan proses pembelajaran dengan tujuan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang baru, karna ternyata masih ada beberapa lembaga pendidikan yang masih menggunakan metode classic sehingga proses pembelajarannya cenderung monoton dan sebagian banyak dari siswa merasakan jenuh saat belajar. Kemudian diantara lembaga pendidikan yang telah menerapkan metode terbaru dalam proses pembelajaran salahsatunya yaitu MA Al-Mukhtariyah Mande dalam hal ini seperti penerapan metode Focus Group Discussion dalam pembelajaran SKI di MA Al-Mukhtariyah Mande yang menggambarkan pendekatan pendidikan Agama Islam yang berpusat pada pemahaman dan pengamalan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini akan mengungkap bagaimana proses pembelajaran yang ada di Kelas X MA Al-Mukhtariyah Mande pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi yang di sajikan dengan cara pengumpulan data, penyajian data, dan reduksi data, yang kemudian diverifikasi atau ditarik kesimpulan. Berikut adalah beberapa hasil yang dapat diperoleh dari penelitian tersebut yaitu peningkatan partisipasi peserta didik metode FGD dapat membantu peserta didik untuk lebih aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran, Kemudian diskusi kelompok memungkinkan mereka untuk berbicara, bertukar ide, dan berdebat tentang berbagai aspek sejarah kebudayaan islam, yang dapat meningkatkan keterlibatan mereka dalam pembelajaran. Selain itumeningkatkan pemahaman yang lebih mendalam, pengembangan kemampuan berbicara dan mendengarkan, meningkatkan motivasi belajar, peningkatan interaksi sosial, dan umpan balik terhadap pengajaran.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords / Katakunci: | Implementasi FGD, Hasil Belajar, Metode Penelitian, Tujuan Penelitian. |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisi / Prodi: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | D. Abdul Hamid A. |
Date Deposited: | 25 Jul 2024 03:49 |
Last Modified: | 25 Jul 2024 03:49 |
URI: | http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/972 |