Strategi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Al-Ikhlash Cikawung

Muhamad Husaini Fakhrul Hadi, B1801047 (2022) Strategi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Al-Ikhlash Cikawung. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).docx] Text
(Cover).docx - Published Version

Download (265kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa motivasi belajar siswa pada pembelajaran SKI tidak dapat dipisahkan dari kegiatan belajar. Di SMP Al-Ikhlash Cikawung, juga didominasi oleh siswa yang mondok atau menjalani pendidikan di pesantren yang ini merupakan suatu dugaan bahwa hal ini memperngaruhi motivasi siswa dalam belajar, terkhusus mata pelajaran SKI. Maka dari itu guru harus menerapkan strategi yang tepat agar pelaksanaan pembelajaran dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan juga penggunaan strategi pembelajaran harus mepertimbangkan dan menyesuaikan dengan kondisi dan keadaan peserta didik dan lingkungan, yang tentunya dapat menopang tercapainya suatu tujuan pembelajaran juga meningkatkan motivasi belajar siswa. Pada penelitian ini penulismenggunakan jenis atau metode penelitian Deskriptif Kualitatif yang menghasilkan data berupa kata-kata tertulis atau lisan dan tidak berupa angka-angka Kemudian penelitian ini menghasilkan beberapa kesimpulan pertama, strategi pembelajaran dalam meningkatkan motivasi siswa pada pembelajaran SKI di SMP Al-Ikhlash Cikawung yaitu melalui Kiasan yang relevan pada kehidupan sehari-hari. Kedua,strategi Kiasan ini cukup memberikan motivasi bagi siswa disamping pemberian Reward dan Hukuman. Ketiga, faktor pendukung adanya dukungan dari pihak sekolah dan orang tua,. Sedangkan faktor penghambat yaitu masih kurang lengkapnya sarana dan prasaran untuk menunjang Media pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Strategi Pembelajaran, Sejarah Kebudayaan Islam, Motivasi Belajar
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UPT Perpustakaan STAI Darul Falah
Date Deposited: 19 Jun 2024 07:32
Last Modified: 19 Jun 2024 07:32
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/970

Actions (login required)

View Item
View Item