Penggunaan Metode Role Playing Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa (Self Confidence) Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas IV MI Muslimin Sindangkerta Bandung Barat (diajukan untuk memenuhi sebagian syarat memperoleh gelar sarjana pendidikan pada program studi pendidikan guru madrasah ibtidaiyah)

Nur Aliyah, 1803014 (2022) Penggunaan Metode Role Playing Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa (Self Confidence) Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas IV MI Muslimin Sindangkerta Bandung Barat (diajukan untuk memenuhi sebagian syarat memperoleh gelar sarjana pendidikan pada program studi pendidikan guru madrasah ibtidaiyah). S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (319kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (20kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Bahasa Arab selalu menjadi pondasi pendidikan Islam yang paling mendasar dari tingkat dasar hingga lanjutan, dan dalam perkembangannya bahasa Arab telah menjadi salah satu dari lembaga pendidikan Islam.Dengan kata lain, mengajar adalah proses membantu siswa belajar lebih baik. Bermain peran merupakan salah satu bentuk pembelajaran, dimana peserta didik ikut terlibat aktif dalam memainkan peran-peran tertentu .Pendidikan adalah bantuan yang diberikan oleh pendidik dalam proses memperoleh ilmu dan pengetahuan, memperoleh keterampilan dan kebiasaan, serta membentuk sikap dan keterampilan peserta didik.Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu,Bagaimana kemampuan siswa sebelum dan sesudah penggunaan metode Role Playing pada mata pelajaran Bahasa Arab kelas IV MI Muslimin Sindangkerta Bandung Barat.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa sesudah dan sebelum penerapan metode Role Playing. Pada saat proses aktivititas belajar siswa sebelum penerapan metode Role Playing pada mata pelajaran Bahasa Arab kelas IV MI Muslimin Sindangkrta Bandung Barat yang di peroleh dari guru kelas masih banyak siswa yang memiliki nilai di bawah KKM dengan nilai minimum 65. belajar siswa setelah penerapan metode Role Playing pada mata pelajaran Bahasa Arab kelas IV MI Muslimin Sindangkerta Bandung Barat sangat berpengaruh terhadap proses belajar mengajar dengan baik. Ini dapat dilihat dari hasil aktivitas siswa pada siklus I, siswa yang tuntas dalam belajar sebesar 85,7% dan siswa yang memiliki ketidak tuntasan hanya sebesar 14,3%. Pada siklus II siswa yang tuntas dalam belajar sebanyak 90,5% dan siswa yang tidak tuntas dalam belajar hanya sebesar 9,5%.Peningkatan kemampuansiswa setelah penerapan metode Role Playing pada mata pelajaran Bahasa ArabkelasIV MI Muslimin Sindangkerta Bandung Barat meningkat dengan signifikan yaitu dari pra siklus ke siklus I sebesar 45,4% dan peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 12,4%.Penelitian dilakukan di MI Muslimin Sindangkerta Bandung Barat dengan sampel 21 orang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Metode Role Playing, Meningkatkan Kemampuan Siswa, Pelajaran Bahasa Arab
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan STAI Darul Falah
Date Deposited: 26 Feb 2024 03:30
Last Modified: 14 Mar 2024 05:38
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/925

Actions (login required)

View Item
View Item