Penerapan Reward dan Punishment dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Di SD Alam Sacita Bandung Barat

Samsu Ramdani, 1803019 (2022) Penerapan Reward dan Punishment dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Di SD Alam Sacita Bandung Barat. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (333kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (619kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (745kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (509kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Reward dan Punishment merupakan metode pendidikan yang strategis dan tepat untuk dijadikan alat pembelajaran. Wacana ini berangkat dari pemahaman bahwa peserta didik merupakan objek sekaligus subyek dari pendidikan, sehingga mutu pendidikan yang akan dicapai tidak terlepas dengan ketergantungan terhadap kondisi fisik, tingkah laku, dan bakat minat peserta didik. Maka, pemberian stimulus dari pendidik berupa pemberian apresiasi dan hukuman akan sangat mempengaruhi cara berpikir dan tingkah laku peserta didik dalam mencapai tujuan pendidikan karakter yang sudah ditetapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan reward dan punishment dalam membentuk karakter disiplin di SD Alam Sacita Bandung Barat.Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian naturalistik kualitatif dengan teknik snowball sampling, menggunakan alat pengumpul data metode wawancara, observasi, dan dokumentasi guna memperoleh data yang kemudian diolah dan dianalisa hingga diperoleh suatu kesimpulan. Teknik analisis data peneliti menggunakan teknik analisis kualitatif Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan diterapkannya metode reward dan punishment dapat membentuk karakter kedisiplinan siswa, dimana siswa mempunyai kesadaran dan motivasi dalam proses pembelajaran, menumbuhkan sikap disiplin, tanggng jawab, peduli akan teman nya, patuh dan taat terhadap aturan di sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Penerapan Reward dan Punishment, Karakter Disiplin
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Depositing User: UPT Perpustakaan STAI Darul Falah
Date Deposited: 24 Feb 2024 07:21
Last Modified: 15 Mar 2024 06:52
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/924

Actions (login required)

View Item
View Item