Implementasi Pemberian Reward Sticker terhadap Kemandirian Anak Kelompok A RA Nurul Hidayah Cililin

Tazqiyatul Aulia, 1902008 (2023) Implementasi Pemberian Reward Sticker terhadap Kemandirian Anak Kelompok A RA Nurul Hidayah Cililin. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (94kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (479kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (578kB)

Abstract

Pendidikan anak usia dini mempunyai program pendidikan yang bertujuan untuk membantu para peserta didik dalam mengembangkan potensi yang di milikinya, salah satunya yaitu anak di arahkan pada pengembangan pribadi (soft skill) atau keterampilan hidup yang menjadi dasar kemampuan seorang anak, yakni dengan melatih kemandiriannya. Namun masih banyak anak-anak yang kemandiriannya perlu ditingkatkan lagi Untuk melatih kemandirian seorang anak perlu distimulasi dengan menggunakan cara yang tepat. yaitu dengan memberikan reward (penghargaan). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemberian reward stickers terhadap kemandirian anak di RA Nurul hidayah cililin. Serta mengetahui dampak yang ditimbulkan dari pemberian reward stickers terhadap kemandirian anak di RA Nurul hidayah Cililin. Dalam penyusunan skripsi ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskripsi yaitu semua data yang terkumpul diperoleh dari lapangan dan berbentuk narasi. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini ialah guru kelas A, kepala sekolah, peserta didik,. Dan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dengan mengamati pemberian reward stickers terhadap kemandirian anak. Berdasarkan analisa yang telah peneliti lakukan, diperoleh hasil bahwa dalam implementasi pemberian reward stickers terhadap kemandirian anak dilakukan oleh guru kepada anak pada saat anak telah selesai mengerjakan tugas yang diberikannya. Dalam pemberian reward tersebut apabila anak sudah mulai menunjukkan adanya perubahan yang di rasa telah cukup, maka pemberian harus di akhiri. Sedangkan dampak yang ditimbulkan dari pemberian reward stickers tersebut sangat berperan untuk meningkatkan motivasi belajar anak,dampak negatif nya anak ketergantungan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Anak Usia Dini, Kemandirian, Reward
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Tazqiyatul Aulia
Date Deposited: 14 Nov 2023 02:37
Last Modified: 20 Mar 2024 07:21
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/912

Actions (login required)

View Item
View Item