Penggunaan Metode Drill Dalam Meningkatkan Menulis Khot Naskhi Pada Pelajaran Kaligrafi Di Kelas V SD Alam Qur’ani

Khoirul Ibad, 1903015 (2023) Penggunaan Metode Drill Dalam Meningkatkan Menulis Khot Naskhi Pada Pelajaran Kaligrafi Di Kelas V SD Alam Qur’ani. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (143kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (67kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (278kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu permasalahan yang dihadapi peserta didik dalam pembelajaran adalah proses memahami materi pembelajaran yang dapat mempengaruhi kualitas hasil belajar seorang peserta didik. Terlebih untuk mata pelajaran kaligrafi, penting bagi peserta didik madrasah atau pelajar muslim untuk memahami materi pembelajaran bukan hanya sekedar mengetahui namun juga memahami. Di SD Alam Qur’ani ditemukannya persoalan tentang terbatasnya kemampuan siswa-siswi dalam mempelajari mata pelajaran kaligrafi tmaateri khot naskhi atas khususnya kelas V yang mengakibatkan kurangnya hasil belajar. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1)Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pembelajaran kaligrafi materi khot naskhi di kelas V SD Alam Qur’ani sebelum diterapkannya metode drill. 2)Untuk mengetahui pelaksanaan metode drill Pada pelajaran kaligrafi materi khot naskhi di kelas V SD AlamQur’ani. 3)Untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah metode drill diterapkan pada pembelajaran kaligrafi di kelas V SD Alam Qur’ani. 4)Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode drill. Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pola kolaboratif. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, dilihat dari hasil belajar siswa pada pra siklus ternyata sangat rendah dengan nilai rata-rata kelas 7.2 atau dengan persentase 55%. Kemudian diterapkan penerapan metode dill pada siklus I menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata 79 dengan persentase 77.7% setelah itu masuk siklus II nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan terhitung menjadi 84.6 dengan persentase 88.8%. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa penerapan metode drill dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kaligrafi di kelas V materi khot naskhi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Metode Drill, Hasil Belajar, Khot Naskhi
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Khoirul Ibad
Date Deposited: 25 Nov 2023 07:15
Last Modified: 22 Mar 2024 03:32
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/847

Actions (login required)

View Item
View Item