Rivani Yuda Bachtiar, 1901096 (2023) Pengaruh Penerapan Metode Jigsaw Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.
(Cover).pdf - Published Version
Download (150kB)
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (75kB)
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (154kB)
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (150kB)
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (288kB)
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (55kB)
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (66kB)
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (647kB)
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi masih banyak guru yang menggunakan metode yang kurang interaktif dan kurang menarik maka menyebabkan siswa kurang antusias terhadap pelajaran yang di sampaikan. oleh karena itu perlunya ada metode jigsaw terhadap semua mata pelajaran untuk meningkatakan motivasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui penggunaan metode jigsaw pada mata pelajaran fikih kelas XI MA Terpadu Al Huda Ciliin Bandung Barat, 2) untuk mengetahui motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fikih kelas XI MA Terpadu Al Huda Cililin Bandung Barat, 3) untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode jigsaw terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fikih di kelas XI MA Terpadu Al Huda Cililin Bandung Barat. Adapun metode yang di gunakan adalah metode kuantitatif eksplanasi dengan analisis statistic, uji regresi sederhana, teknik pengumpulan data berupa observasi, angket dan tes. Sedangkan untuk motivasi belajar siswa dilihat dari beberapa indikator antaranya minat, perhatian, konsentrasi, ketekunan, keantusiasan, keterlibatan, rasa ingin tahu, dan mencoba aktif mengatasi tantangan. Untuk perhitungan dan analisis data dengan menggunakan SPSS penggunaan metode pembelajaran jigsaw terhadap motivasi belajar siswa terdapat hasil yang signifikan sebesar 0,000 nilai tersebut sudah melebih nilai yang seharusnya yaitu sebesar 0,05 (5%) maka Ha di terima . Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pengaruh penerepan metode jigsaw terhadap motivasi belajar siswa ini signifikan dengan nilai sig = 0,000 >0,05 (5%).
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords / Katakunci: | : Metode Jigsaw, Motivasi Belajar, Pelajaran Fikih |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisi / Prodi: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Rivani Yuda Bachtiar |
Date Deposited: | 25 Nov 2023 06:19 |
Last Modified: | 26 Mar 2024 06:04 |
URI: | http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/846 |