Pengaruh Perilaku Disiplin Terhadap Keberhasilan Tahfidz Al-Qur'an Peserta Didik MA Al-Furqon Citapen

Rima Ramdhannia, A1801028 (2023) Pengaruh Perilaku Disiplin Terhadap Keberhasilan Tahfidz Al-Qur'an Peserta Didik MA Al-Furqon Citapen. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (327kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (393kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (438kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (550kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (712kB)

Abstract

Proses pembelajaran tahfidz Al-Qur’an yang dilaksanakan di kelas sebagai pelajaran wajib bagi seluruh peserta didik di MA Al-Furqon Citapen yang tergolong masih baru. Untuk mencapai hasil yang baik dari pembelajaran tahfidz Al-Qur’an, sangat diperluka adanya perilaku disiplin yang diterapkan guru ataupun Madrasah kepada peserta didik. Pentingnya disiplin dalam menghafal Al-Qur’an akan menanamkan sikap bertanggung jawab pada diri seorang peserta didik untuk senantiasa lebih fokus dan sungguh-sungguh dalam menghafal Al-Qur’an. Adapun tujuan dari penelitian ini, yaitu: Pertama, untuk mengetahui bagaimana perilaku disiplin peserta didik dalam proses pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di MA Al-Furqon Citapen. Kedua, untuk mengetahui hasil nilai pembelajaran tahfidz Al-Qur’an peserta didik MA Al-Furqon Citapen. Ketiga, untuk membuktikan adanya pengaruh perilaku disiplin peserta didik terhadap keberhasilan pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di MA Al-Furqon Citapen. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan, dengan metode penelitian kuantitatif yang mengambil lokasi di MAS Al-Furqon Citapen. Populasi penelitian ini sebanyak 147 peserta didik dari kelas X-XII. Dalam mengumpulkan sampel, peneliti menggunakan rumus slovin dengan populasi berdistribusi normal. Pengumpulan data ini dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi, dan angket. Analisis instrumen meliputi validitas dan reliabilitas. Hasil analisis validitas menunjukkan dari 40 pernyataan dinyatakan valid. Sedangkan analisis variabel menunjukkan koefisien reliabilitas pada perilaku disiplin peserta didik sebesar 0,918 sedangkan pada keberhasilan tahfidz sebesar 0,922 dan dinyatakan reliabel. Analisis data meliputi analisis normalitas, linieritas, dan regresi sederhana. Berdasarkan hasil penelitian membuktikan: 1) Adanya bentuk perilaku disiplin peserta didik dalam pembelajaran tahfidz Al-Qur’an yang meliputi disiplin waktu, disiplin dalam proses pembelajaran dan disiplin dalam menghafal. 2) Hasil dari nilaiyang diperoleh peserta didik pada ujian semester dapat dikatakan baik, dari nilai terendah 80 hanya 3 orang dengan perolehan nilai dibawah angka tersebut. 3) Perilaku disiplin mempengaruhi keberhasilan pembelajaran tahfidz Al-Qur’an peserta didik di MAS Al-Furqon Citapen.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Perilaku Disiplin, Tahfidz Al-Qur’an
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rima Ramdhannia
Date Deposited: 25 Nov 2023 06:11
Last Modified: 26 Mar 2024 05:46
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/754

Actions (login required)

View Item
View Item