Peran Guru Wali Kelas Dalam Meningkatkan Karakter Sopan Santun Peserta Didik Di MI Muslimin Mande

Moch Rizky Ashari, 1903016 (2023) Peran Guru Wali Kelas Dalam Meningkatkan Karakter Sopan Santun Peserta Didik Di MI Muslimin Mande. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (84kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (81kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (852kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkapkan peran guru dalam meningkatkan karakter peserta didik di MI Muslimin Mande. Peran guru dalam meningkatkan karakter sopan santun ada 4, peran Guru sebagai pendidik, Guru sebagai pembimbing, Guru sebagai fasilitator dan Guru sebagai administrator. Penelitian ini menggunakan teori menurut Zakiah Drajat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang subjek penelitiannya adalah kepala sekolah, guru wali kelas kelas atas, dan beberapa peserta didik. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model dari Miles & Huberman yang meliputi langkah-langkah: reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam meningkatkan karakter sopan santun ditunjukkan oleh tutur kata, sikap, dan kepribadiannya, seperti sopan santun, disiplin, tanggung jawab, toleransi, jujur, serta kepedulian terhadap peserta didik dan orang lain. Kesimpulan bahwa adanya peran guru dalam meningkatkan karakter sopan santun peserta didik sangat lah berperan dalam kegiatan pembelajaran disekolah, peran guru dalam meningkatkan karakter sopan santun peserta didik menjadi peran yang sangat penting dalam pembelajaran disekolah hal ini dapat menyebabkan peserta didik dengan mudah dalam meningkat karakter sopan santunnya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Peran Guru, Karakter Sopan Santun Peserta Didik
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Moch Rizky Ashari
Date Deposited: 27 Nov 2023 06:51
Last Modified: 22 Mar 2024 03:44
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/749

Actions (login required)

View Item
View Item