Peningkatan Pemahaman Siswamelalui Media Card Sort Materi Shalat fardu Mata Pelajaran Fiqih Kelas 2 SDIT At-Taqwa

Rehan Fitrotun Eliyin, 1903008 (2023) Peningkatan Pemahaman Siswamelalui Media Card Sort Materi Shalat fardu Mata Pelajaran Fiqih Kelas 2 SDIT At-Taqwa. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (322kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version

Download (66kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version

Download (137kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version

Download (240kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu permasalahan yang dihadapi peserta didik dalam mempelajari adalah proses memahami materi pembelajaran yang dapat mempengaruhi kualitas hasil belajar seorang peserta didik. Terlebih untuk mata pelajaran Fiqih, penting bagi peserta didik madrasah atau pelajar muslim untuk memahami materi pembelajaran bukan hanya sekedar mengetahui namun juga memahami. Peningkatan pemahaman adalah usaha maksimal yang dicapai oleh seseorang setelah melaksanakan usaha-usaha belajar. Media pembelajaran card sort adalah seperangkat komponen atau media yang mampu memberikan pembelajaran dengan aktif .Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap penerapan metode pembelajaran pada mata pelajaran fiqih di Kelas II SDIT At-Taqwa, penerapan media pembelajaran card sort pada mata pelajaran fiqih, hasil penerapan media pembelajaran card sort pada mata pelajaran fiqih, dan faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan media pembelajaran card sort Desain penelitian dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan yang dilakukan ialah tindakanyang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada Kelas II SDIT At-Taqwa dengan menggunakan media pembelajaran card sort. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas II SDIT At-Taqwa yang berjumlah 12 orang. Berdasarkan hasil pengolahan data, hasil penelitian ini secara umum dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran card sort dapat meningkatkan pemahaman siswa.Hal ini dibuktikan melalui kegiatan pretest dan posttest. Pada pretest siklus I persentase ketuntasan belajar siswa hanya 4.33% kemudian pada posttest siklus I meningkat menjadi 50%. Lalu pada pretest siklus II persentase ketuntasan belajar siswa hanya 5.8% kemudian pada posttest siklus II meningkat menjadi 66.66%. Peneliti Hal ini membuktikan bahwa media pembelajaran berbasis card sort sangat positif diterapkan di kelas II SDIT AtTaqwa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Card sort, peningkatan pemahaman, fiqih
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rehan Fitrotun Eliyin
Date Deposited: 27 Nov 2023 07:04
Last Modified: 27 Nov 2023 07:04
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/739

Actions (login required)

View Item
View Item