Upaya Guru PAI Dalam Mengatasi Kesulitan Peserta Didik Membaca Al-Qur'an Di SD Plus Daarul Hikmah

Nurfitriani Dwi Sundari, 1901068 (2023) Upaya Guru PAI Dalam Mengatasi Kesulitan Peserta Didik Membaca Al-Qur'an Di SD Plus Daarul Hikmah. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (122kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (43kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (757kB)

Abstract

Tujuan dari Penelitian sebelum ke upaya guru PAI yaitu terlebih dahulu mengetahui kondisi kemampuan siswa selanjutnya mengetahi upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an di SD Plus Daarul Hikmah danmengetahui apa faktor penghambat dan faktor pendukung dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an di SD Plus Daarul Hikmah. Jenis penelitian ini adalah deskriftifkualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini peneliti dapat menyimpulkan bahwa upaya guru Pendidikan Agama Islam di SD Plus Daarul Hikmah dilakukan dalam proses pembelajaran PAI dengan cara menyampaikan permahraj, guru mengulang-ulang bacaanAl-Qur’an siswa atau tadarus 15 menit sebelum pembelajaran dimulai, memberikan nasehat atau motivasi yang sifatnya membangun dan untuk pembinaan kerohanian Islam siswa mengunakan metode halaqoh dengan membentuk sistem menyimak (halaqoh) untuk para siswa. upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qu’an di SD Plus Daarul Hikmah juga sudah terlaksana dengan baik.Faktor pendukung guru dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an di SD Plus Daarul Hikmah yaitu sarana prasarana,metode pembelajaran dan guru berperan aktifsebagai sahabat peserta didik, sedangkan yang menjadi faktor penghambatnya yaitu terbatasnya waktu dan siswa yang masih kurang disiplin.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Kemampuan siswa, Upaya Guru Pai, Kesulitan Membaca Al-Qur'an
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurfitriani Dwi Sundari
Date Deposited: 27 Mar 2024 02:57
Last Modified: 27 Mar 2024 02:57
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/721

Actions (login required)

View Item
View Item