Ai Anzali Nuraida, 1902001 (2023) Implementasi Metode Qitada untuk Meningkatkan Kemampuan Tahfizh Al-Quran pada Anak Usia Dini di RA Nurul Iman Bandung Barat. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.
(Cover).pdf - Published Version
Download (459kB)
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (117kB)
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (303kB)
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (96kB)
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (550kB)
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (88kB)
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (235kB)
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode qitada untuk meningkatkan kemampuan tahfizh al-quran pada anak usia dini di ra nurul iman bandung barat. Metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Masalah yang terjadi dilapangan adalah rendahnya kemampuan tahfizh pada anak usia dini dan penggunaan metode pembelajaran yang masih terbatas. Temuan pada penelitian yaitu guru belum menerapkan metode yang sesuai dengan pembelajaran tahfizh, kondisi pembelajaran yang masih kurang kondusif serta kurangnya media pembelajaran. Pada penelitian ini menggunakan lembar observasi, lembar wawancara, dan dokumentasi. Pada penelitian ini guru menerapkan metode qitada untuk meningkatkan kemampuan tahfizh sesuai dengan langkah yang terdapat pada metode qitada dengan dibantu dengan media pembelajaran. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu pembelajaran menggunakan metode Qitada memberikan perubahan terhadap meningkatnya hasil belajar tahfidz siswa RA Nurul Iman, hal ini terlihat dari hasil tes tahfidz Al-Quran pada pembelajaran awal 3 orang siswa belum berkembang dan 10 orang siswa mulai berkembang, kemudian meningkat menjadi tidak ada siswa yang belum berkembang dan hanya ada 8 siswa yang mulai berkembang, pada penelitian akhir siswa belum berkembang sudah tidak ada dan hanya ada 4 siswa yang mulai berkembang. Hasil observasi siswa juga menunjukan kategori sangat baik, begitupun hasil wawancara menunjukan bahwa dengan penerapan metode qitada hasil pembelajaran tahfidz Al-Quran menjadi meningkat dan lebih efektif.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Keywords / Katakunci: | Metode Qitada, Kemampuan Tahfizh Al-Quran, Anak Usia Dini |
| Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
| Divisi / Prodi: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
| Depositing User: | Ai Anzali Nuraida |
| Date Deposited: | 12 Jan 2024 06:32 |
| Last Modified: | 09 Mar 2024 03:32 |
| URI: | http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/693 |

