Nisa Faridatul Ichwan, C1801101 (2023) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.
(Cover).pdf - Published Version
Download (124kB)
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (137kB)
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (396kB)
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (134kB)
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (300kB)
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (37kB)
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (148kB)
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (653kB)
Abstract
Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI Studi Kasus pada Siswa Kelas 12 IPA 3 di SMA Muslimin Clilin Tahun 2022-2023.Latar belakang dari penelitian ini adalah Kegiatan belajar merupakan suatu kegiatan yang paling mendasari dari semua proses pendidikan disekolah.Sukses atau tidak suatu tujuan pendidikan tergantung bagaimana proses belajar peserta didik saat proses yang di alami dalam belajar.Maka dari itu Upaya guru Pendidikan Agama Islam memberikan motivasi siswa begitu pernting dilakukan agar mendorong minat dan semangat untuk ciptakan suasana bealajar yang melibatkan siswa dalam pembelajaran aktif dan mandiri. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui bagaimana Upaya guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Serta mengetahui apa saja faktor – faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa pada pelajaran PAI Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.Teknik pemgumpulan data pada penelitian ini menggunakan Teknik wawancara,observasi dan dokumentasi dengan menggunakan tringulasi. Hasil penelitian Menunjukan bahwa:1.Guru Memberi pujian kepada siswa 2.Guru Memberi hadiah kepada siswa yang berprestasi di akhir ujian atau kenaikan kelas3.Guru Menyajikan pelajaran dengan sistematis dan terencana yaitu mulai dari rpp silabus media pembelajaran.4.Guru Selalu Memberi nasehat ketika berbuat salah dan memberi nasehat dari kisah – kisah dan pengalaman yang membuat anak termotivasi 5. Guru Memberikan selingan – selingan karena untuk membangkitkan semangat dan agar pembelajaran tidak membosankan dan tidak jenuh saat dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords / Katakunci: | Guru PAI, Motivasi, Pembelajaran Agama Islam |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisi / Prodi: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nisa Faridatul Ichwan |
Date Deposited: | 20 Nov 2023 07:09 |
Last Modified: | 26 Mar 2024 04:44 |
URI: | http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/662 |