Dhea Dwi Lestari, 1901006 (2023) Pengaruh Metode Jigsaw Dalam Pembelajaran PAI Terhadap Motivasi Belajar Kelas XI SMA Darul Falah. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.
(Cover).pdf - Published Version
Download (147kB)
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (171kB)
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (374kB)
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (500kB)
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (564kB)
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (118kB)
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (114kB)
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (760kB)
Abstract
Metode jigsaw merupakan salah satu metode pembelajaran yang inovatif yang tepat untuk digunakan guru dalam menyampaikan materi karena metode jigsaw salah satu metode yang menarik bagi siswa, pembelajaran menggunakan metode jigsaw saat ini memberikan efek yang nyata dalam pembelajaran, sehingga bahan kajian dalam penelitian yang akan dilakukan oleh penulis berfokus pada pengaruh penggunaan metode jigsaw untuk tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) sebagai objeknya serta untuk melihat sejauh mana pengaruh metode jigsaw terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Darul Falah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh metodenjigsaw terhadap motivasi belajar PAI di SMA Darul Falah. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian kuantitatif Deskriptif. Metode yang digunakan adalah metode survei. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode jigsaw dalam pembelajaran PAI memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar PAI di SMA Darul Falah, hal ini dibuktikan dengan persamaan regresi 73.675 a +0,451 X, koefisien korelasi sebesar 0.451 dan koefisien determinan sebesar 10.6%. Demikian, metode jigsaw memberikan pengaruh sebesar 10.6% terhadap motivasi belajar PAI di SMA Darul Falah, sementara 89.4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Diperoleh hasil thitung > ttabel, atau 4.352 > 1.654, maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya signifikan. Jadi dapat disimpulkan bahwa metode jigsaw berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar PAI. Untuk itu dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengaruh yang positif bagi guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga dapat meningkatkan motivasi siswa untuk belajar PAI.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords / Katakunci: | : Metode Jigsaw,Motivasi Belajar |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisi / Prodi: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Dhea Dwi Lestari |
Date Deposited: | 24 Nov 2023 07:39 |
Last Modified: | 23 Mar 2024 06:38 |
URI: | http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/657 |