Nirmala Setiawati, 1903020 (2023) Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Kelas III MI Syarif Hidayatulloh. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.
(Cover).pdf - Published Version
Download (93kB)
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (92kB)
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (156kB)
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (369kB)
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (267kB)
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (180kB)
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (282kB)
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Model pembelajaran contextual adalah suatu model pembelajaran yang menekankan kepada proses keterlibatan siswa secara penuh dan menghubungkan materi pelajaran dengan situasi kehidupan nyata. Permasalahan yang dihadapi siswa dalam kegiatan pembelajar yaitu keterbatasan dalam memahami materi pembelajaran, keterbatasan tersebut muncul diakibatkan dalam menyampaikan materi pelajaran guru hanya menggunakan metode konvensional dan cenderung menekankan pada membaca dan mendengarkan saja sehingga siswa merasa bosan dan jenuh, hal tersebut berimbas pada rendahnya hasil belajar. Oleh karena itu Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap hasil belajar siswa sebelum penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning pada mata pelajaran Akidah Akhlak dikelas III MI Syarif Hidayatulloh, hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning pada mata pelajaran Akidah Akhlak dan faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). PTK dilaksanakan sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan yang muncul di dalam kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan metode pengamatan atau observasi, dokumentasi dan pelaksanaan tes hasil belajar di setiap akhir pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus yang terdiri dari tiga pertemuan. Satu siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan tindakan (planing), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Penelitian ini dilakukan di MI Syarif Hidayatuloh, pada siswa kelas III yang berjumlah 19 siswa, semester genap tahun ajaran 2022/2023. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peningkatan hasil belajar siswa terhadap pelajaran akidah akhlak dengan menerapkan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL). Ditandai dengan peningkatan hasil belajar siswa disetiap siklus, yaitu prasiklus (42,10%), siklus I (78,94%), dan siklus II (100%) dengan nilai rata-rata siklus I adalah 74,52 dan siklus II adalah 83,57, dengan demikian dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak tentang memahami Asmaul Husna (Al-Adziim dan Al-Kabiir) di kelas III tahun ajaran 2022/2023 di MI Syarif Hidayatulloh.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords / Katakunci: | Akidah Akhlak, Contextual Teaching And Learning ( CTL), Hasil Belajar Siswa. |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisi / Prodi: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nirmala Setiawati |
Date Deposited: | 16 Nov 2023 07:30 |
Last Modified: | 26 Mar 2024 04:41 |
URI: | http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/571 |