Modernisasi Sistem Pendidikan Pondok Pesantren Dalam Membentuk Perilaku Santri Putri Di Pondok Pesantren Al-Ikhlash Cikawung

Eneng Nova Fuspita, 1901064 (2023) Modernisasi Sistem Pendidikan Pondok Pesantren Dalam Membentuk Perilaku Santri Putri Di Pondok Pesantren Al-Ikhlash Cikawung. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (148kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (392kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (422kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (583kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Modernisasi sistem pendidikan pondok pesantren dalam membentuk perilaku santri putri adalah suatu perubahan sistem ke arah yang lebih modern dengan tujuan untuk memperbaiki kualitas pendidikan. Sebagai lembaga pendidikan tertua, pesantren perlu melakukan upaya penyelarasan dengan situasi yang dihadapi sekarang ini. Salah satu pondok yang melakukan upaya tersebut adalah Pondok Pesantren Al-Ikhlash Cikawung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan modernisasi sistem pendidikan, faktor pendukung dan penghambat, serta implikasi dari modernisasi sistem pendidikan pondok pesantren dalam membentuk perilaku santri putri di pondok pesantren Al-Ikhlash Cikawung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data didapatkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis menggunakan teknik pengumpulan data yang bermacam-macam (trianggulasi). Keabsahan data menggunakan 4 macam alat uji, yaitu: kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Pondok pesantren Al-Ikhlash Cikawung telah melakukan pembaharuan kepada sistem modern. 2) Faktor pendukung modernisasi adalah latar belakang guru, lingkungan, administrasi, program, harmonisasi guru, hubungan pesantren dengan orang tua. Faktor penghambatnya adalah dalam diri sendiri, multi peran pengurus, kurangnya SDM, partisipasi sebagian masyarakat, pengawasan orang tua, sarana prasarana, tenaga pendidik, pergaulan teman. 3) Implikasi modernisasi meliputi kemampuan santri dalam berbahasa asing, manajemen bisnis, santri melek teknologi, adanya unit pendidikan formal, visi misi, kurikulum, metode, dan sarana prasarana. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pondok pesantren Al-Ikhlash Cikawung telah melembaga menjadi pondok modern, hal ini terlihat dari upaya pembaharuan meliputi perbaikan sistem, kurikulum, pola belajar mengajar dan pembekalan keterampilan supaya santri siap menghadapi dan mengantisipasi tuntutan zaman yang semakin berkembang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Modernisasi Sistem Pendidikan, Pondok Pesantren, Perilaku
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Eneng Nova Fuspita
Date Deposited: 13 Nov 2023 05:27
Last Modified: 23 Mar 2024 06:57
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/525

Actions (login required)

View Item
View Item