Penggunaan Media Kartu Bergambar (Flash Card) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Di Kelas II MIS Pasir Gepeng

Sindi Nopiana, 1903022 (2023) Penggunaan Media Kartu Bergambar (Flash Card) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Di Kelas II MIS Pasir Gepeng. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (100kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (71kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (23kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Hasil belajar mempengaruhi pengalaman pembelajaran, hasil belajar dijadikan sebagai acuan untuk menentukan perubahan pengetahuan, sikap, dan kemampuan siswa. Perubahan ini dapat dilihat setelah pengalaman belajar selesai dilakukan. Permasalahan yang dihadapi siswa dalam kegiatan pembelajaran yaitu keterbatasan dalam memahami materi pembelajaran, keterbatasan tersebut diakibatkan karena ketika kegiatan pembelajaran berlangsung guru hanya mengunakan metode konvensioanal atau ceramah dalam menyampaikan materi pembelajaran dan cenderung menekankan pada hafalan membaca dan mendengarkan saja sehingga membentuk paradigma siswa bahwa pembelajaran bahasa arab itu sulit dan membosankan, hal tersebut berimbas pada rendahnya hasil belajar, untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab di kelas II MIS Pasir Gepeng sebelum menggunakan media kartu bergambar (flash card) 2) Bagaimana pelaksanaan penggunaan media kartu bergambar (flash card) pada mata pelajaran bahasa arab di kelas II MIS Pasir Gepeng 3) Bagaimana hasil belajar siswa setelah penggunaan media kartu bergambar (flash card) dalam proses pembelajaran Bahasa Arab di kelas II MIS Pasir Gepeng 4)Apa faktor pendukung dan penghambat dalam penggunaan media kartu bergambar (flash card) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab di kelas II MIS Pasir Gepeng. Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, dilihat dari hasil belajar siswa pada pra siklus ternyata cukup rendah dengan persentase ketuntasan belajar 36,66%, kemudian setelah di terapkannya penggunaan media kartu bergambar (flash card) pada siklus I terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa dengan persentase ketuntasan belajar 66,66%, kemudian terjadi peningkatan kembali setelah masuk pembelajaran pada siklus II yaitu persentase ketuntasan belajar menjadi 96,33%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penggunaan media kartu bergambar (flah card) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa arab materi pemandangan alam di kelas II MIS Pasir Gepeng.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Media Kartu Bergmbar, Hasil Belajar, Bahasa Arab
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sindi Nopiana
Date Deposited: 10 Nov 2023 08:21
Last Modified: 22 Mar 2024 04:10
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/379

Actions (login required)

View Item
View Item