Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al – Qur’an Hadist Kelas III MI Muslimin Golewang

Hesti Adeliawati, 1903003 (2023) Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al – Qur’an Hadist Kelas III MI Muslimin Golewang. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (114kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (390kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (651kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu permasalahan yang dihadapi peserta didik dalam pembelajaran adalah proses memahami materi pembelajaran yang dapat mempengaruhi kualitas hasil belajar seorang peserta didik. Terlebih untuk mata pelajaran Al-Qur’an Hadist, penting bagi peserta didik madrasah atau pelajar muslim untuk memahami materi pembelajaran bukan hanya sekedar mengetahui namun juga memahami. Di MI Muslimin Golewang ditemukannya persoalan tentang terbatasnya kemampuan siswa-siswi dalam mempelajari mata pelajaran Al-Qur’an Hadist terutama pada kelas bawah khususnya kelas III yang mengakibatkan kurangnya hasil belajar. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1)Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pembelajaran Al-Qur’an Hadist di kelas III MI Muslimin Golewang sebelum diterapkannya model Cooperative Script. 2)Untuk mengetahui pelaksanaan model CooperativeScript Pada pelajaran Al-Qur’an Hadist di kelas III MI Muslimin Golewang. 3)Untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah model Cooperatif Script diterapkan pada pembelajaran Al-Qur’an Hadist di kelas III MI Muslimin Golewang. 4)Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan model Cooperatif Script. Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pola kolaboratif. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, dilihat dari hasil belajar siswa pada pra siklus ternyata sangat rendah dengan nilai rata-rata kelas 67 atau dengan persentase 46,66%. Kemudian diterapkan penerapan model Pembelajaran Cooperative Script pada siklus I menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata 73,66 dengan persentase 66,66% setelah itu masuk siklus II nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan terhitung menjadi 90,33 dengan persentase 93,99%. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa penerapan Model pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di kelas III materi Hadist Persaudaraan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Cooperative Script, Hasil Belajar, Al-Qur’an Hadis
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Hesti Adeliawati
Date Deposited: 09 Nov 2023 02:30
Last Modified: 22 Mar 2024 03:20
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/355

Actions (login required)

View Item
View Item