Hudayana kurniawan, 1901086 (2023) Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa MA Syarif Hidayatulloh Kabupaten Bandung Barat. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Ciampelas Bandung Barat.
(Cover).pdf - Published Version
Download (105kB)
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (199kB)
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (205kB)
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (232kB)
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (225kB)
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (39kB)
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (92kB)
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Lingkungan sekolah adalah seluruh kondisi yang ada di lembaga pendidikan formal yag secara sistematis melaksanakan program mengembangkan potensinya. Lingkungan sekolah juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kedisplinan belajar siswa. Sedangkan disiplin belajar merupakan serangkaian perilaku seseorang yang menunjukan ketaatan dan kepatuhan terhadap peraturan, tata tertib norma kehidupan yang berlaku karena di dorong adanya kesadaran dari dalam dirinya untuk melakukan tujuan pembelajaran yang di inginkan. Lingkungan sekolah di Madrasah Aliyah Syarif Hidayatulloh memiliki lingkungan sekolah yang tergolong dalam kategori cukup baik, karena di lingkungan sekolahnya masih memiliki fasiliitas yang kurang dan sekarang pun masih di lakukan pembangunan kelas baru. Akan tetapi kedisiplinan belajar siswa tergolong dalam kategori kurang atau dapat di katakan masi terdapat beberapa siswa yang belum disiplin dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh lingkungan sekolah terhadap kedisiplinan belajar siswa di MA Syarif Hidayatulloh. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana gambaran siswa di sekolah MA Syarif Hidayatulloh, (2) apakah ada pengaruh lingkungan sekolah terhadap kedisiplina belajar siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah lingkungan sekolah, sedangkan kedisiplinan siswa sebagai variabel terikat. Jenis dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang dalam pengelohan data nya menggunakan sampel dan populasi. Sampel yang di gunakan dalam penelitian ini adalah 92 siswa yang di ambil dari jumlah populasi sebanyak 120 dengan menggunakan metode random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuisioner (angket).
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords / Katakunci: | Belajar Siswa; Displin Belajar; Lingkungan Sekolah |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisi / Prodi: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Hudayana Kurniawan |
Date Deposited: | 04 Nov 2023 09:20 |
Last Modified: | 25 Mar 2024 04:30 |
URI: | http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/288 |