Pengaruh Penggunaan Media Sosial Whatsapp Terhadap Motivasi Belajar PAI Siswa Kelas XI Di Madrasah Aliyah Atsauri Sindangkerta

Muhamad Rizki Faujan, 1901092 (2023) Pengaruh Penggunaan Media Sosial Whatsapp Terhadap Motivasi Belajar PAI Siswa Kelas XI Di Madrasah Aliyah Atsauri Sindangkerta. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (256kB)
[thumbnail of (bab1).pdf] Text
(bab1).pdf - Published Version

Download (123kB)
[thumbnail of (bab2).pdf] Text
(bab2).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[thumbnail of (bab3).pdf] Text
(bab3).pdf - Published Version

Download (216kB)
[thumbnail of (bab4).pdf] Text
(bab4).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[thumbnail of (bab5).pdf] Text
(bab5).pdf - Published Version

Download (33kB)
[thumbnail of (daftar pustaka).pdf] Text
(daftar pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[thumbnail of (lampiran).pdf] Text
(lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (534kB)

Abstract

Penelitian mengenai motivasi belajar banyak dilakukan karena dalam sebuah kegiatan belajar mengajar akan lebih efektif jika seorang pelajar mempunyai motivasi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Sehingga bisa diambil kesimpulan jika untuk mencapai tujuan dari pembelajaran maka diperlukan motivasi belajar karena hal ini termasuk kunci dari ada tidaknya sebuah motivasi dalam belajar pada diri seseorang bisa memberikan pengaruh dalam kesuksesan belajar. Optimalisasi pembelajaran seseorang bisa dicapai apabila terdapat motivasi, begitupun sebaliknya kegiatan belajar tidak akan berhasil jika tidak muncul motivasi belajar. Permasalahan motivasi belajar harus dihadapi dengan memilih strategi yang tepat. Implementasi yang digunakan MA Atsauri Sindangkerta yaitu Penggunaan Media Sosial Whatsapp untuk meningkatkan Motivasi Belajar PAI Siswa. Dalam penelitian ini variabel independen (X) yang digunakan yaitu Penggunaan Media Sosial Whatsapp yang terdiri dari pengetahuan, manfaat, dan penggunaan. Variabel dependen (Y) yaitu Motivasi Belajar PAI Siswa. Jenis Penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan verifikatif dengan metode explanatory survey dan pendekatan cross sectional study. Data dalam penelitian menggunakan data primer dengan pengambilan sampel sebanyak 50 responden yaitu siswa kelas XI MA Atsauri Sindangkerta dengan teknik penarikan yaitu simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisi regresi linear sederhana. Pengolahan data menggunakan SPSS menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0.583 dan koefisien determinasi sebesar 34%. Demikian pengaruh penggunaan media sosial whatsapp sebesar 34% terhadap motivasi belajar PAI Siswa kelas XI dan 66% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel Penggunaan Media Sosial Whatsapp memiliki pengaruh signifikan pada Motivasi Belajar PAI Siswa kelas XI di MA Atsauri Sindangkerta.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Media Sosial Whatsapp, Motivasi Belajar, MA Atsauri Sindangkerta
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhamad Rizki Faujan
Date Deposited: 02 Nov 2023 03:56
Last Modified: 25 Mar 2024 06:05
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/272

Actions (login required)

View Item
View Item