Uswatun Hasanah, 1903024 (2023) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV MIS Muslimin Sindangkerta. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.
(Cover).pdf - Published Version
Download (264kB)
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (257kB)
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (344kB)
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (202kB)
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (465kB)
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (135kB)
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (217kB)
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya hasil belajar siswa, tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan senilai dengan menerapkan model problem based learning pada siswa kelas IV MIS Muslimin Sindangkerta tahun pelajaran 2023/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus dengan alur penyusunan yakni perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pelaksanaan tindakan tiap siklus adalah dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV di MIS Muslimin Sindangkerta, yang berjumlah 27 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan persentase hasil belajar. Berdasarkan hasil tes, pada kegiatan siklus I hasil rata-rata hasil belajar Matematika diperoleh sebesar 67,59. Selanjutnya, pada siklus II rata-rata hasil belajar Matematika diperoleh sebesar 81,48. Pada ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus 1 yakni 62,96%, atau berkategori cukup dan siklus II 81,48% berkategori baik. Hal ini menunjukan baik dari rata-rata kelas maupun ketuntasan belajar siswa telah mencapai kriteria yang ditetapkan yaitu mencapai KKM 60. Hasil observasi aktivitas siklus juga mengalami peningkatan. Pada siklus I persentase hasil observasi sebesar 85,45% dengan kategori baik dan meningkat pada siklus II dengan persentase 92,72% dengan kategori baik. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran pada pembelajaran Matematika materi pecahan senilai pada siswa kelas IV MIS Muslimin Sindangkerta mengalami peningkatan.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Keywords / Katakunci: | Hasil belajar, matematika, model problem based learning |
| Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
| Divisi / Prodi: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | Uswatun Hasanah |
| Date Deposited: | 31 Oct 2023 01:52 |
| Last Modified: | 22 Mar 2024 04:36 |
| URI: | http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/259 |

