Siti Rodiah, 1902006 (2023) Implementasi Metode Bernyanyi Pada Anak Usia 4-5 Tahun Dalam Kemampuan Menghafal Asmaul Husna Di RA Assyafiq. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.
(Cover).pdf - Published Version
Download (153kB)
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (338kB)
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (481kB)
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (457kB)
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (484kB)
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (98kB)
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (230kB)
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (497kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah kemampuan menghafal asmaul husna pada kelompok A usia 4-5 tahun dengan jumlah 15 anak masih rendah. Anak – anak kesulitan saat menghafal asmaul husna dan Hal ini dikarenakan pembelajaran yang biasa dan cenderung monoton sehingga kurang menarik minat siswa untuk fokus dalam menghafal asmaul husna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menghafal asmaul husna sebelum dan sesudah menerapkan metode bernyanyi. Lokasi penelitian dilaksanakan di RA Assyafiq yang beralamat di Kp. Bojongjambu Desa Sindangkerta Kec. Sindangkerta. Waktu penelitiannya pada bulan Juni 2023 pada semester genap tahun ajaran 2022/2024. Adapun metode penelitian yang digunakan yakni penelitian tindakan kelas, dengan model Kurt Lewin. Setiap siklus memiliki 4 tahapan yakni, perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus atau 6 pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi dan dokumentasi dengan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dan statistik sederhana. Hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan menghafal asmaul husna pada prasiklus adalah 26,7%, setelah diterapkan metode bernyanyi pada siklus I kemampuan menghafal anak meningkat menjadi 53,3% dan pada siklus II 86,7%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords / Katakunci: | Menghafal Asmaul husna, Metode, Metode Bernyanyi |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisi / Prodi: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Siti Rodiah |
Date Deposited: | 31 Oct 2023 01:40 |
Last Modified: | 20 Mar 2024 07:13 |
URI: | http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/258 |