Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD Terhadap Motif Belajar Pada Mata Pelajaran PAI Di SMK Al-Ihsan

Nadila Tulhafilah, 1901095 (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD Terhadap Motif Belajar Pada Mata Pelajaran PAI Di SMK Al-Ihsan. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (128kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (406kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (669kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (28kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi temuan siswa kelas X SMK Al-ihsan Batujajar yang lebih antusias dan terMotif ketika belajar belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap Motif belajar PAI siswa kelas X RPL di SMK Al-Ihsan Batujajar. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif dan eksplanatori dengan metode kuantitatif.. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan, wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan rumus Regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang menjadi obyek penelitian ini, 77,1% memiliki minat model pembelajaran kooperatif tipe STAD sedang, 8,6% kategori rendah, dan 14,3% kategori tinggi. Diketahui 71,4% berada dalam kategori sedang dalam Motif belajar, 14,3% kategori rendah, dan 14,3% kategori tinggi. Hasil pemelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD memiliki pengaruh signifikan terhadap Motif belajar, hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien determinan sebesar 36,3%. Demikian, model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh sebesar 36,3% %, dan sisanya sebesar 63,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Jadi artinya, Ha diterima dan H0 ditolak, atau terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap Motif belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Cooperative Learning tipe STAD, Model Pembelajaran, Motif Belajar.
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nadila Tulhafilah
Date Deposited: 28 Oct 2023 05:14
Last Modified: 26 Mar 2024 04:17
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/247

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item
View Item