Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Daulah Umayyah Mata Pelajaran SKI Kelas VII Di MTs Nurhanifah Buninagara

Siti Nurhabibah, 1901071 (2023) Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Daulah Umayyah Mata Pelajaran SKI Kelas VII Di MTs Nurhanifah Buninagara. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (494kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (43kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (887kB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan : Untuk mengetahui Bagaimana hasil penerapan metode pembelajaran Mind Mapping meningkatkan pemahaman siswa pada materi Daulah Umayyah mata pelajaran SKI kelas VII di MTs Nurhanifah Buninagara. Hasil dari pengamatan dan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan selama 3 siklus penelitian dalam setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) perencanaan (2) pelaksanaan tindakan (3) observasi (4) evaluasi dan (5) refleksi. Hal ini menunjukan bahwa dalam penggunaan metode Mind Mapiing dapat menjadikan peserta didik lebih aktif dalam pembelajaran dan dapat meningkatkan pemahaman siswa. Dengan indikator siswa mampu dengan mudah memahami : Sejarah daulah umayyah, Perkembangan peradaban pada masa daulah umayyah dan Tokoh ilmuan muslim terkemuka daulah umayyah. Dianalisis melalui analisis deskriftif kualitatif yang dilakukan pada proses pembelajaran setiap siklusnya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa metode Mind Mapping dapat meningkatnya pemahaman siswa dilihat dari hasil belajar siswamengenai materi pembelajaran setiap siklusnya, Selain itu juga setiap siklusnyaa mengalami peningkatan terhadap siswa yang tuntas dalam pembelajaran. Ketuntasan siswa ketika siklus I siswa yang tuntas sebanyak 11 Siswa atau dengan persentase ketuntasan 64,80%, kemudian pada Siklus II siswa yang tuntas meningkat dengan 17 siswa atau dengan persentase 69% dan siklus III siswa yang tuntas menjadi 24 siswa dengan persentase 75,50%. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan metode Mind Mapping dapat dengan mudah dipahami oleh siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Mind Mapping, Daulah Umayyah, Pemahaman Siswa.
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Nur Habibah
Date Deposited: 23 Oct 2023 02:41
Last Modified: 27 Mar 2024 03:36
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/233

Actions (login required)

View Item
View Item