Kontribusi Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Sosio Emosional Anak Usia Dini Di RA Al - Irsyad Parongpong

Risna Septiana Hilmawati, 1802012 (2022) Kontribusi Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Sosio Emosional Anak Usia Dini Di RA Al - Irsyad Parongpong. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (138kB)
[thumbnail of (BAB 1).pdf] Text
(BAB 1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[thumbnail of (BAB 2).pdf] Text
(BAB 2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (549kB)
[thumbnail of (BAB 3).pdf] Text
(BAB 3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[thumbnail of (BAB 4).pdf] Text
(BAB 4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (452kB)
[thumbnail of (BAB 5).pdf] Text
(BAB 5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[thumbnail of (DAFTAR PUSTAKA).pdf] Text
(DAFTAR PUSTAKA).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[thumbnail of (LAMPIRAN).pdf] Text
(LAMPIRAN).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sosial emosional merupakan perkembangan keterampilan kemampuan berperilaku baik secara individu maupun kelompok dalam mengekspresikan perasaan maupun perilaku bagi seorang individu untuk menjadi bekal atau kemampuan berinteraksi bersama masyarakat. Adapun beberapa faktor yang mempengaruhinya ialah orang tua, orang tua memiliki peranan penting dalam setiap perkembangan anak salah satu yang mempengaruhinya adalah tingkat pendidikan orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kontribusi tingkat pendidikan orang tua terhadap sosial emosional anak di RA Al – Irsyad Parongpong. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif, metode yang digunakan adalah Ex-post facto. Adapun Teknik pengumpulan data menggunakan data sekunder berupa raport dan data orang tua siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa gambaran tingkat sosial emosional anak di RA Al - Irsyad semester satu tahun 2020 - 2021 berada pada ketegori berkembang sesuai harapan ( BSH ) hal ini ditunjukan dengan skor rata - rata sebesar 2, 49. dari 12 kriteria yang diukur yaitu : sikap tanggung jawab, percaya diri dan kedisiplinan anak sudah sesuai harapan. adapun pada aspek mengenali kebutuhan, keinginan dan minat diri dengan cara yang tepat, sikap peduli mau membantu dan sikap sabar masih perlu di tingkatkan. Adapun secara Pendidikan orang tua (ibu) yang terdapat hampir sebagaian besar berpendidikan SMP 44,4 % kemudian yang berpendidikan SMA 22,2 %, SD 15, 8 %, S1 14, 8 %. Kemudian hasil pengujian Ordinal Logistic Reggression menunjukan bahwa tingkat Pendidikan orang tua memiliki kontribusi terhadap sosial emosional anak, hal ini ditujukan dengan nilai bahwa nilai -2LL awal (intercept only) sebesar 66.564 sedangkan nilai - 2LL final sebesar 46.726. Nilai tersebut mengalami penurunan -2Log Likelihood sebesar 19.838 dan signifikan pada 0.000. Kemudian pada uji Goodnest Of Fit menunjukan bahwa besarnya nilai statistic Chi-Square sebesar 57,486 (Pearson ) nilai Sig 0,002 sehingga membuat hasil dari Goodnest Of Fit relavan atau dapat di terima. Maka dapat dikatakan Ha diterima dan Ho di tolak. Tingkat pendidikan orang tua berkontribusi terhadap sosial emosional anak sebesar 52,8%, sedangkan sisanya 47,2 % dipengaruhi oleh faktor lainnya seperti pola pengasuhan, proses pendidikan, lingkungan keluarga dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Sosial emosional, tingkat pendidikan orang tua
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: UPT Perpustakaan STAI Darul Falah
Date Deposited: 13 Oct 2023 03:49
Last Modified: 14 Mar 2024 03:22
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/229

Actions (login required)

View Item
View Item