Penerapan Metode Takrir Dalam Meningkatkan Hafalan AlQuran Juz 30 Dan Juz 29 Pada Peserta Didik Kelas XII Di MA Syarif Hidayatulloh Cipongkor Kabupaten Bandung Barat

Nurul Kholipah, 1901069 (2023) Penerapan Metode Takrir Dalam Meningkatkan Hafalan AlQuran Juz 30 Dan Juz 29 Pada Peserta Didik Kelas XII Di MA Syarif Hidayatulloh Cipongkor Kabupaten Bandung Barat. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (82kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (480kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (631kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui Penerapan Metode Takrir Dalam Meningkatkan Hafalan AlQuran Juz 30 dan Juz 29 pada Peserta Didik Kelas XII di MA Syarif Hidayatulloh Cipongkor Kabupaten Bandung Barat. Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mengetahui penerapan metode takrir, hasil dari penerapan metode takrir serta faktor pendukung dan penghambat pada penerapan metode takrir. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan studi kasus. Hasil temuan penelitian ini adalah (1) penerapan metode takrir diterapkan dengan empat cara/tekhnik yaitu takrir bersama, takrir sendiri, takrir dalam shalat dan takrir dihadapan guru. (2) Hasil dari penerapan metode takrir yakni hafalan siswa menjadi semakin kuat, dan hafalannya mudah bertambah dikarenakan kegiatan takrir atau tahfidz ini dilakukan setiap hari dan terus-menerus walaupun dengan alokasi waktu yang singkat. (3) Faktor pendukung penerapan metode takrir ialah : dukungan penuh dari guru, teman dan lingkungan sekitar, orang tua dan tempat menghafal, intelegensi yang cukup bagus. Faktor penghambat adalah: kondisi peserta didik yang meliputi malas, rasa ngantuk, melemahnya semangat, kondisi emosional serta ingatan dan minimnya sumber daya guru dan keterbatasan waktu.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Hafalan AlQuran, Metode Takrir, Sekolah.
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurul Kholipah
Date Deposited: 12 Oct 2023 04:33
Last Modified: 26 Mar 2024 05:04
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/227

Actions (login required)

View Item
View Item