Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Cipongkor I Pada Mata Pelajaran Matematika

Sinta Viva Ramadhansyah, 1803021 (2022) Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Cipongkor I Pada Mata Pelajaran Matematika. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (354kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (413kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (433kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (452kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (493kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada studi pendahuluan yang di lakukan di kelas II Madrasah Ibtidaiyah Cipongkor I, ternyata matematika merupakan mata pelajaran yang dianggap sulit untuk dipelajari sehingga motivasi belajar siswa masih kurang dan mengakibatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika masih rendah atau belum mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM). Berdasarkan hasil tersebut, maka penulis melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Matematika. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif dan teknik pengumpulan data dengan menggunakan intrumen observasi dan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah 45 orang. Pengaruh motivasi belajar yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika yaitu diperoleh17,8%. Besarnya motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Matematika sebesar 17,8% sedangkan 15,9% dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas II MI Cipongkor I pada mata pelajaran Matematika. Adapun saran yang diharapkan dari penulis yaitu diantaranya sekolah lebih memperhatikan lagi fasilitas baik dari sarana prasanadalam menunjang proses pembelajaran, guru dapat membangkitkan motivasi belajar siswa sehingga siswa termotivasi untuk meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Hasil belajar, Motivasi belajar pada mata pelajaran Matematika
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sinta Viva Ramadhansyah
Date Deposited: 03 Oct 2023 07:31
Last Modified: 15 Mar 2024 06:59
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/187

Actions (login required)

View Item
View Item