Linda Lopiana, 1803012 (2022) Penerapan Model Role Playing Dalam Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Mi Muslimin Peusinggirang Sindangkerta. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.
(Cover).pdf - Published Version
Download (309kB)
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (248kB)
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (258kB)
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (200kB)
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (549kB)
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (77kB)
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (37kB)
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Menurunnya semangat dan motivasi belajar siswa setelah peralihan dari pembelajaran daring ke tatap muka membuat sejumlah siswa di MI Muslimin Peusinggirang terkena dampaknya, sehingga dibutuhkan model pembelajaran yang menarik serta inovatif untuk mengatasi permasalahan yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model role playing di MI Muslimin Peusinggirang dalam pembelajaran tematik tema 3 subtema 2 di kelas V terhadap motivasi belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan menggunakan penelitian tindakan kelas atau PTK, objek penelitiannya yaitu kelas V MI Muslimin Peusinggirang, dengan hasil penelitian yang didapat dari lembar observasi kegiatan pembelajaran terhadap siswa dan guru yang melaksanakan tindakan, dokumentasi, tes dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerepan model role playing di kelas V MI Muslimin Peusinggirang memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar. Hal ini dibuktikan dengan hasil dari lembar observasi siswa yang menunjukkan peningkatan dari siklus I sebesar 49% dan siklus II sebesar 87 % nilai tersebut dirasa sudah melebihi indikator keberhasilan yang ditentukan sebesar 70% yang diambil dari acuan penilaian. Maka penerapan model role playing ini memberikan pengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas V MI Muslimin Peusinggirang. Dengan adanya penelitian ini, peneliti berharap dapat memberikan pengaruh yang baik dalam pembelajaran dan kegiatan belajar mengajar di kelas dan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan motivasi belajar siswa dalam belajar pembelajaran tematik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords / Katakunci: | Model Role Playing, Model Pembelajaran, Motivasi Belajar |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisi / Prodi: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | LINDA LOPIANA |
Date Deposited: | 21 Oct 2023 07:07 |
Last Modified: | 14 Mar 2024 05:24 |
URI: | http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/183 |