Andini Putri Aryani, 1803004 (2022) Penggunaan Metode Kuis Dalam Meningkatkan Partisipasi Belajar Siswa Di Kelas 5 MI Banuraja Kecamatan Batujajar Kabupaten Bandung Barat. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Fallah Cihampelas Bandung Barat.
(Cover).pdf - Published Version
Download (819kB)
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (91kB)
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (147kB)
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (85kB)
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (252kB)
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (25kB)
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (103kB)
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Metode kuis merupakan penggabungan metode pembelajaran secara konvensional, tanya jawab dan penugasan yang bersifat kerja kelompok dan terkesan tidak menakutkan serta menyenangkan yang dibungkus ke dalam suatu games. Metode kuis ini dapat menciptakan suasana proses pembelajaran baru, yang biasanya terkesan monoton sehingga dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa di kelas 5 MI Banuraja pada masa diberlakukannya sistem Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) pasca Covid-19. Adanya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dengan menggunakan metode kuis, mengetahui partisipasi belajar siswa di kelas dengan metode kuis dan faktor pendukung serta penghambat terlaksananya metode kuis. Peneliti menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam mendesain penelitian serta teknik pengolahan data didapatkan dari hasil tes tulis, observasi, dokumentasi dan catatan lapangan. Adapun hasil dari penelitian ini ditemukan peningkatan partisipasi belajar siswa di kelas 5 MI Banuraja yang sangat signifikan. Dimana rata-rata persentase partisipasi belajar dalam proses pembelajaran pra siklus hanya 10,1%, di siklus 1 meningkat menjadi 63,4% dan pada siklus 2 meningkat kembali sebesar 94,4%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode kuis dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa di kelas 5 MI Banuraja Kecamatan Batujajar Kabupaten Bandung Barat. Diharapkan adanya penelitian ini dapat menjadi rekomendasi kepada pimpinan lembaga di tempat penelitian, bagi para gurunya maupun bagi peneliti selanjutnya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords / Katakunci: | Metode Kuis, Partisipasi Belajar |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisi / Prodi: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Andini Putri Aryani |
Date Deposited: | 20 Oct 2023 01:27 |
Last Modified: | 14 Mar 2024 05:04 |
URI: | http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/172 |