Muhammad Fikri Fauzan, A1801094 (2022) Pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap Proses Belajar Mengajar Di MTs Al-Mahmudiyyah. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.
(Cover).pdf - Published Version
Download (409kB)
(Bab 1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (205kB)
(Bab 2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (362kB)
(Bab 3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (408kB)
(Bab 4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (444kB)
(Bab 5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (157kB)
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (103kB)
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Seorang guru profesional memegang peranan penting dalam keberhasilan proses belajar mengajar di kelas. Untuk itu, seorang guru harus mempunyai kemampuan dan keahlian yang berkaitan dengan pembelajaran. Dengan itu semua akan membuat proses belajar mengajar berjalan dengan baik. Dalam penelitian yang akan dilakukan oleh penulis berfokus pada profesionalisme guru dalam proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profesionalisme guru terhadap proses belajar mengajar di MTs Al-Mahmudiyyah. Penelitian ini menggunakanpendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan observasi. Observasi dilakukan untuk mendukung hasil data angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profesionalisme guru memiliki pengaruh yang signifikan terhadap proses belajar mengajar di MTs AlMahmudiyyah. Hal ini dibuktikan dengan dengan persamaan regresi = -3,919 + 0,537X. Dalam persamaan tersebut diperoleh koefisien regresi sebesar 0,537, artinya jika variabel profesionalisme guru (X) meningkat sebesar 1 % maka proses belajar mengajar (Y) meningkat sebesar 53,7%. Hal ini menunjukkan bahwa variabel profesionalisme guru berpengaruhpositif terhadap proses belajar mengajar, sehingga semakin baik profesionalisme guru dalam pembelajaran maka semakin baik pula proses belajar mengajar di kelas. Selanjutnya diperoleh juga hasil thitung > ttabel atau 14,386 > 1,993, , maka H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa profesionalisme guru berpengaruh signifikan terhadap proses belajar mengajar. Untuk itu dengan adanya penelitian ini, diharapkan para guru dapat mengembangkan profesionalismenya agar proses belajar mengajar di kelas berjalan denga baik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords / Katakunci: | Guru, Profesionalisme, Proses Belajar Mengajar |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisi / Prodi: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muhammad Fikri Fauzan |
Date Deposited: | 19 Oct 2023 02:26 |
Last Modified: | 18 Mar 2024 08:10 |
URI: | http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/171 |