Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Peserta Didik Melalui Pembiasaan Sholat Duha Berjamaah di MTs Karya Perjuangan Mandiri Sindangkerta

Jajang Sukmara, 2101017 (2025) Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Peserta Didik Melalui Pembiasaan Sholat Duha Berjamaah di MTs Karya Perjuangan Mandiri Sindangkerta. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (103kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (227kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (502kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (19kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (75kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (756kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam membentuk kepribadian dan karakter peserta didik yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia. Internalisasi nilai-nilai keislaman melalui aktivitas ibadah rutin seperti shalat duha berjamaah menjadi salah satu strategi penting dalam pendidikan karakter religius di sekolah. Inti dari latar belakang ini adalah perlunya pendekatan yang aplikatif dan menyentuh dimensi afektif siswa dalam pembelajaran PAI. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi nilai-nilai PAI yang diinternalisasikan melalui pembiasaan shalat duha berjamaah di MTs Karya Perjuangan Mandiri, mendeskripsikan proses internalisasinya, menganalisis faktor pendukung dan penghambat, serta mengetahui hasil dari proses tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiasaan shalat duha berjamaah mampu menginternalisasikan nilai-nilai seperti kedisiplinan, tanggung jawab, rasa syukur, dan tawakal. Proses internalisasi berlangsung melalui tiga tahap: transformasi nilai, transaksi nilai, dan transinternalisasi nilai. Faktor pendukungnya meliputi sarana ibadah yang memadai, keterlibatan guru, dan dukungan program sekolah. Sedangkan faktor penghambat meliputi jarak tempat tinggal siswa dan akses transportasi yang terbatas. Kesimpulan inti: pembiasaan shalat duha berjamaah efektif membentuk karakter religius peserta didik secara menyeluruh.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: internalisasi nilai, Pendidikan Agama Islam, shalat duha berjamaah, karakter religious
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Jajang Sukmara
Date Deposited: 11 Dec 2025 03:01
Last Modified: 11 Dec 2025 03:01
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1637

Actions (login required)

View Item
View Item