Hanhan Hanafi Abdul Hamid, 2101010 (2025) Halaman Pengesahan Skripsi pengaruh Penerapan Kurikulum Merdeka Terhadapkemampuan Literasi Peserta Didik di MTs Assyaf’iyyah. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.
(Cover).pdf - Published Version
Download (79kB)
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (59kB)
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (127kB)
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (165kB)
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (271kB)
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (44kB)
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (70kB)
(Lampiran ).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keresahan peneliti akan minimnya kemampuan literasipeserta didik yang mana kemampuan literasi merupakan pondasi penting dalammeningkatkan kualitas pendidikan, terlebih di era Kurikulum Merdeka yang menekankanpembelajaran kontekstual, berdiferensiasi, dan berbasis proyek. Namun, rendahnya budayaliterasi di kalangan siswa Madrasah Tsanawiyah menjadi tantangan tersendiri, terutamadalam proses internalisasi nilai-nilai kritis dan reflektif dalam pembelajaran. Penelitian inibertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Kurikulum Merdeka terhadapkemampuan literasi peserta didik di MTs Assyaf’iyyah. Metode yang digunakan adalahkuantitatif dengan pendekatan eksplanatori. Teknik pengumpulan data melibatkanpenyebaran angket serta observasi dan dokumentasi sebagai pelengkap. Sampel penelitianadalah 30 siswa dari kelas VII hingga IX yang diambil secara sensus. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan KurikulumMerdeka dan peningkatan kemampuan literasi peserta didik, dengan kontribusi pengaruhsebesar 47,5%. Temuan ini mengindikasikan bahwa pendekatan Kurikulum Merdekamampu mendorong siswa lebih aktif dalam membaca, memahami teks, sertamengekspresikan gagasan secara tertulis. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwapenerapan Kurikulum Merdeka secara efektif dapat meningkatkan kemampuan literasidasar peserta didik, khususnya dalam ranah pemahaman bacaan dan keterampilan menulis.Oleh karena itu, strategi Kurikulum Merdeka perlu diperkuat melalui peran guru sebagaifasilitator yang adaptif serta ketersediaan sumber belajar yang mendukung kegiatan literasidi lingkungan madrasah.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Keywords / Katakunci: | Kurikulum Merdeka, Kemampuan Literasi, Peserta Didik. |
| Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
| Divisi / Prodi: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Hanhan Hanapi Abdul Hamid |
| Date Deposited: | 02 Dec 2025 05:50 |
| Last Modified: | 02 Dec 2025 05:50 |
| URI: | http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1621 |

