Pengaruh Media Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 5 Pada Mata Pelajaran Matematika di SD IT Al-Istiqomah

Fuji Astuti, 2203007 (2025) Pengaruh Media Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 5 Pada Mata Pelajaran Matematika di SD IT Al-Istiqomah. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (174kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (354kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar matematika siswa sekolah dasar yang disebabkan oleh kurangnya variasi media pembelajaran yang digunakan guru dalam menyampaikan materi. Media yang bersifat konvensional cenderung membuat siswa pasif dan kurang tertarik pada pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif Wordwall terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V di SD IT Al-Istiqomah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi experiment) dan desain Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas V A sebagai kelas eksperimen yang menggunakan media Wordwall dan kelas V B sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes pilihan ganda pada materi pecahan, yang dianalisis menggunakan uji-t , perhitungan N-Gain dan effect size. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah melakukan pembelajaran menggunakan wordwall dengan hasil belajar berdasarkan rata-rata nilai posttest untuk kelas ekperimen sebesar 75,87 dan kelas kontrol sebesar 62,71. Adapun hasil uji hipotesis terdapat hasil Sig (2 tailed) sebesar 0,005 nilai Sig (2-tailed) ini < (α = 0,05), artinya terdapat perbedaan nilai yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian H_0 ditolak dan H_1 diterima pada taraf α = 0,05 yang artinya terdapat pengaruh media wordwall terhadap hasil belajar siswa kelas V SD IT AL-istiqomah. Perhitungan N-Gain menunjukkan peningkatan sebesar 59,10% (kategori sedang) pada kelas eksperimen, lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol sebesar 32,03%. Selain itu, perhitungan effect size (Cohen’s d) sebesar 0,867 menunjukkan kategori besar (large effect), yang berarti Wordwall tidak hanya memberikan pengaruh signifikan secara statistik, tetapi juga memiliki kekuatan efek praktis yang tinggi dalam pembelajaran. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media interaktif Wordwall berpengaruh positif dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V di SD IT Al-Istiqomah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Wordwall, Hasil belajar, Matematika, Media Interaktif
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fuji Astuti
Date Deposited: 20 Nov 2025 06:48
Last Modified: 20 Nov 2025 06:48
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1590

Actions (login required)

View Item
View Item