Shintya Nur Sintya Asih, P2202025 (2025) Pengaruh Metode Talaqqi Dalam Meningkatkan Kemampuan Hafalan Al-Qur’an Juz 30 Pada Anak Usia Dini di TK Plus Sumur Bandung. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.
(Cover).pdf - Published Version
Download (151kB)
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (159kB)
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (181kB)
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (172kB)
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (303kB)
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (117kB)
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (101kB)
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Menghafal Al-Qur’an, khususnya juz 30, sejak usia dini merupakan fondasi penting dalam membentuk karakter dan spiritualitas anak Muslim. Di TK Plus Sumur Bandung, anak-anak telah dikenalkan pada hafalan surat-surat pendek, namun sebagian masih mengalami kendala dalam proses menghafal. Hambatan seperti keterbatasan konsentrasi, perbedaan gaya belajar, durasi pembelajaran yang singkat, serta lingkungan yang kurang kondusif menjadi tantangan tersendiri bagi guru dan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menghafal Al-Qur’an Juz 30 pada anak usia dini di TK Plus Sumur Bandung sebelum dan sesudah diterapkannya metode talaqqi, serta untuk menganalisis apakah terdapat peningkatan kemampuan menghafal setelah diterapkannya metode tersebut. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain preexperimental one group pretest-posttest design. Subjek penelitian adalah anak usia dini di TK Plus Sumur Bandung pada anak kelas bulan yang berjumlah 18 siswa. Instrumen penelitian berupa tes hafalan yang diberikan sebelum dan sesudah penerapan metode talaqqi.penilaian hafalan tersebut di isi oleh guru langsung sebagai guru kelas di kelas bulan. Data dianalisis menggunakan uji normalitas Shapiro-Wilk dan uji beda rata-rata dengan Paired Sample T-Test pada program SPSS. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, penilaian guru Pre-test Posttest.Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest kemampuan menghafal siswa sebesar 1,63 dengan (kategori rendah), sedangkan nilai rata-rata posttest meningkat menjadi 2,72 dengan (kategori cukup). Uji normalitas menunjukkan data berdistribusi normal, dan hasil uji Paired Sample T-Test memperoleh nilai t = -5,521 dengan signifikansi < 0,001 (p < 0,05). Hal ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan menghafal sebelum dan sesudah diterapkannya metode talaqqi pada kelas bulan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode talaqqi berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an Juz 30 pada anak usia dini di TK Plus Sumur Bandung. Keberhasilan ini dipengaruhi oleh penggunaan model pembelajaran langsung, pengulangan, serta interaksi intensif yang sesuai dengan karakteristik perkembangan anak.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Keywords / Katakunci: | metode talaqqi, hafalan Al-Qur’an, anak usia dini, metode kuantitatif |
| Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
| Divisi / Prodi: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
| Depositing User: | Shintya Nursintya Asih |
| Date Deposited: | 18 Nov 2025 06:36 |
| Last Modified: | 18 Nov 2025 06:36 |
| URI: | http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1583 |

