Penerapan Model Pembelajaran Tipe Mind Mapping Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam ( SKI ) (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas X MIA di MA Yahisha Kecamatan Cihampelas - Bandung Barat)

Krisma Widiana, A1801014 (2022) Penerapan Model Pembelajaran Tipe Mind Mapping Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam ( SKI ) (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas X MIA di MA Yahisha Kecamatan Cihampelas - Bandung Barat). S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Kabupaten Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (603kB)
[thumbnail of (Bab 1).pdf] Text
(Bab 1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (383kB)
[thumbnail of (Bab 2).pdf] Text
(Bab 2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (454kB)
[thumbnail of (Bab 3).pdf] Text
(Bab 3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (585kB)
[thumbnail of (Bab 4).pdf] Text
(Bab 4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (646kB)
[thumbnail of (Bab 5).pdf] Text
(Bab 5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Rata- rata hasil belajar siswa kelas X MIA pada mata pelajaran SKI belum mencapai hasil yang maksimal, hal ini ditunjukkan dengan rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai KKM. Hal ini diakibatkan karena proses pembelajaran di kelas yang monoton dan jenuh sehingga tidak adanya dorongan atau motivasi yang terbangun dari setiap individu untuk belajar. Seorang pendidik dituntut agar kreatif dan inovatif dalam menerapkan model pembelajaran sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan optimal dan mencapai hasil yang maksimal dan mengakomodasi keragaman peserta didik di kelas. Metode Mind Mapping dapat dijadikan sebagai suatu upaya efektif untuk mengatasi persoalan yang terjadi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran tipe Mind Mapping dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di kelas X MIA MA Yahisha Cihampelas. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc Taggart dengan jenis penelitian tindakan berupa eksperimental di mana peneliti bertindak langsung sebagai pengajar. Penelitian tindakan ini terdiri dari 2 siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu: tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, meliputi: observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes hasil belajar yang dianalisis melalui analisis deskriptif dengan langkah- langkah berupa reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa penerapan model pembelajaran tipe Mind Mapping pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini dibuktikan dengan meningkatnya rata- rata hasil belajar siswa dari 57,5 menjadi 74,2 dan ketuntasan klasikal yang telah dicapai oleh siswa juga meningkat dari 41,3% menjadi 79,3% dengan total 23 siswa yang nilainnya mencapai KKM, sedangkan pada penilaian siklus I hanya 12 siswa yang nilainya mencapai KKM. Dari hasil rekapitulasi tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar yang diperoleh sudah mencapai KKM yang ditentukan oleh sekolah yaitu ≥65 dan presentase ketuntasan klasikal hasil belajar berkategori baik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Hasil Belajar, Mind Mapping, Model Pembelajaran.
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: UPT Perpustakaan STAI Darul Falah
Date Deposited: 10 Aug 2023 18:48
Last Modified: 18 Mar 2024 06:48
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/152

Actions (login required)

View Item
View Item