Dampak Konten Visual Anomali Terhadap Karakter Anak Kelas B Di Paudqu Al-Mansyur Abdurahman (Studi Kasus Pada Anak Usia Dini)

Zumrotu Sa'adah, P2202011 (2025) Dampak Konten Visual Anomali Terhadap Karakter Anak Kelas B Di Paudqu Al-Mansyur Abdurahman (Studi Kasus Pada Anak Usia Dini). S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (138kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (83kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (722kB)

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah mengubah pola interaksi anak usia dini dengan media, khususnya melalui paparan konten visual yang tidak selalu sesuai dengan tahap perkembangan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak konten visual anomali terhadap karakter anak di kelas B PAUDQU Al-Mansyur Abdurahman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, dan analisis konten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang sering menyaksikan konten visual anomali seperti Tung Tung Sahur, Ballerina Cappucina, dan Cappucino Assassino mengalami perubahan karakter pada aspek kejujuran, kemandirian, kedisiplinan, empati, rasa hormat, dan tanggung jawab. Tayangan-tayangan tersebut memiliki ciri visual yang hiperaktif, tidak logis, dan tidak mengandung pesan moral yang sesuai dengan usia anak. Analisis teori Jean Piaget, Bandura, Chomsky, Vygotsky, serta teori brainrot mengindikasikan bahwa paparan terhadap konten seperti ini dapat mengganggu proses internalisasi nilai moral dan membentuk perilaku impulsif serta kurang empatik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa keterlibatan aktif orang tua, guru, dan pemangku kebijakan sangat penting untuk membimbing dan mengarahkan interaksi anak dengan media digital. Literasi media dan penguatan pendidikan karakter berbasis nilai perlu ditanamkan sejak dini agar anak tumbuh dengan karakter yang sehat dan tangguh.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: karakter anak usia dini, konten visual anomali, media digital, pendidikan karakter, brainrot
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Zumrotu Sa'adah
Date Deposited: 31 Oct 2025 07:10
Last Modified: 31 Oct 2025 07:10
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1518

Actions (login required)

View Item
View Item