Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Berbasis Canva Terhadap Hasil Belajar Matematika

Ai Amanatul Hasanah, 2203006 (2025) Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Berbasis Canva Terhadap Hasil Belajar Matematika. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (93kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (81kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (33kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (802kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video animasi berbasis Canva terhadap hasil belajar matematika siswa kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah (MI), khususnya pada materi bangun datar. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya hasil belajar matematika yang disebabkan kurangnya media pembelajaran yang menarik dan masih dominannya metode ceramah dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain pre-eksperimen jenis one-group pretestposttest design. Subjek penelitian ini adalah 29 siswa kelas 1B MI An-Nur. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan hasil belajar siswa setelah diterapkannya media video animasi berbasis Canva. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji paired sample t-test yang menunjukkan nilai signifikansi kurang dari 0,05, serta perhitungan effect size menggunakan rumus Cohen’s d yang menunjukkan kategori efek besar. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa media video animasi berbasis Canva berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa. Penggunaan unsur visual dan audio dalam video membantu siswa memahami konsep abstrak bangun datar dengan lebih konkret dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Canva, Media Video Animasi, Hasil Belajar, Matematika
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: AI AMANATUL HASANAH
Date Deposited: 31 Oct 2025 01:51
Last Modified: 31 Oct 2025 01:51
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1507

Actions (login required)

View Item
View Item