Imam Abdul Rais, 1701050 (2021) Hubungan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Bidang Studi Sejarah Kebudayaan Islam. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Kabupaten Bandung Barat.
(Cover).pdf - Published Version
Download (176kB)
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (87kB)
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (151kB)
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (180kB)
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (311kB)
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (33kB)
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (14kB)
Abstract
Hasil belajar adalah gambaran dari penguasaan kemampuan peserta didik sebagaimana telah ditetapkan suatu pelajaran baik oleh guru maupun oleh peserta didik yang bertujuan untuk mencapai hasil belajar yang sebaik-baiknya. Hasil belajar dapat dipengaruhi dari berbagai faktor baik dari dalam (internal) dan luar (eksternal) dari diri seseorang, salah satu yang dapat mempengaruhinya adalah minat belajar. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar bidang studi Sejarah Kebudayaan Islam. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian metode kuantitatif, dengan sampel 114, metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Sedangkan teknik analisis data menggunakan korelasi Pearson Product Moment. Berdasarkan hasil analisis, data yang diperoleh menggunakan koefisien korelasi PPM sebesar 0,842 kemudian apabila dilihat pada tabel interpretasi koefisien korelasi nilai “r” terletak pada titik 0,80 – 1,000 yang artinya adalah sangat kuat, kemudian diperoleh nilai koefisien diterminan sebesar 70,90% itu artinya minat belajar memberikan kontribusi terhadap hasil belajar, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar siswa pada bidang studi Sejarah Kebudayaan Islam sebesar 70,90% dan sisanya 29,10% ditentukan oleh variabel lain. Lalu diperoleh thitung sebesar 16,52 sedangkan ttabel pada taraf (α = 0,05) (dk = n – 2 = 114 – 2 = 112) sehingga dapat diperoleh ttabel = 1,981, dapat diketahui bahwa thitung lebih besar dari ttabel atau dapat diformulasikan thitung 16,52 ≥ 1,981, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar siswa pada bidang studi Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas X dan XI MA Al-Mukhtariyah Tahun Ajaran 2020/2021.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords / Katakunci: | Minat Belajar, Hasil Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisi / Prodi: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | UPT Perpustakaan STAI Darul Falah |
Date Deposited: | 10 Aug 2023 18:48 |
Last Modified: | 28 Mar 2024 07:51 |
URI: | http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/150 |