Peran Guru Dalam Pembentukan Karakter Sopan Santun Siswa Di Sekolah Dasar Negeri Saapan

Nur Almiah, P2203025 (2025) Peran Guru Dalam Pembentukan Karakter Sopan Santun Siswa Di Sekolah Dasar Negeri Saapan. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (137kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (34kB)
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (27kB)
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena menurunnya sikap sopan santun siswa sekolah dasar akibat pengaruh lingkungan dan kurangnya perhatian pendidikan karakter, baik di rumah maupun di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam menanamkan nilai sopan santun, mengidentifikasi tantangan yang dihadapi, serta menggali strategi yang digunakan guru dalam membentuk karakter sopan santun siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus di SD Negeri Saapan, khususnya pada siswa kelas V A. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, yang melibatkan guru kelas V A, guru Pendidikan Agama Islam (PAI), serta siswa kelas V A. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta divalidasi dengan triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki peran sentral melalui keteladanan, pembiasaan, pemberian motivasi, serta kerja sama dengan orang tua. Tantangan utama yang dihadapi guru adalah kurangnya perhatian dari orang tua, pengaruh media sosial, serta keterbatasan waktu pembelajaran. Strategi yang diterapkan meliputi keteladanan, penguatan positif, penegakan tata tertib, dan kolaborasi dengan orang tua. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peran guru di SD Negeri Saapan tidak hanya sebagai pengajar, tetapi juga pembimbing dan teladan dalam membentuk karakter sopan santun siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Peran Guru, Karakter, Sopan Santun, Pendidikan Karakter, Sekolah dasar
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Almiah
Date Deposited: 30 Oct 2025 09:32
Last Modified: 31 Oct 2025 01:18
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1485

Actions (login required)

View Item
View Item