Royani Fitriawati, 2101035 (2025) Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Aplikasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits DI MTsN 1 KBB. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.
(Cover).pdf - Published Version
Download (120kB)
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (61kB)
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (283kB)
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (184kB)
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (246kB)
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (39kB)
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (84kB)
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTsN 1 Kabupaten Bandung Barat yang disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran konvensional yang kurang interaktif dan minimnya pemanfaatan media digital. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan aplikasi Quizizz sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa serta membandingkan peningkatannya dengan metode pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dan desain pretest-posttest control group. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran Quizizz dan kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pemberian tes pretest dan posttest, serta dianalisis menggunakan uji paired sample t-test, uji N-Gain, dan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran Quizizz berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (< 0,05). Selain itu, berdasarkan analisis N-Gain dan uji independent t-test, hasil belajar siswa pada kelas eksperimen mengalami peningkatan yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Sebagian besar siswa dalam kelas eksperimen menunjukkan peningkatan dalam kategori efektif dan cukup efektif, sedangkan pada kelas kontrol sebagian besar berada pada kategori kurang efektif. Dengan demikian, aplikasi Quizizz terbukti efektif sebagai media pembelajaran interaktif dalam meningkatkan hasil belajar Al-Qur’an Hadits secara signifikan.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Keywords / Katakunci: | Al-Qur’an Hadits, hasil belajar, media pembelajaran, pembelajaran interaktif, Quizizz |
| Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
| Divisi / Prodi: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Royani Fitriawati |
| Date Deposited: | 30 Oct 2025 09:04 |
| Last Modified: | 30 Oct 2025 09:04 |
| URI: | http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1484 |

