Siti Windari, P2202019 (2025) Optimalisasi Orang Tua Dalam Pelaksanaan 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat Program Kemendikbud Di RA Al-Huda. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.
(Cover).pdf - Published Version
Download (56kB)
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (59kB) | Request a copy
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (176kB) | Request a copy
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (69kB) | Request a copy
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (131kB) | Request a copy
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (34kB) | Request a copy
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (56kB) | Request a copy
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (710kB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran orang tua dalam membangun karakter anak usia dini melalui penerapan program 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat yang dicanangkan oleh Kemendikbud. Sekolah dan keluarga bekerja sama untuk menanamkan nilai-nilai positif, karena masa anak-anak adalah masa emas dalam membentuk karakter. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif peran orang tua dalam menerapkan tujuh kebiasaan tersebut di RA Al-Huda, serta untuk menemukan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat peran orang tua tersebut. Studi ini menggunakan metodologi kualitatif dan dirancang sebagai studi kasus.Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian, metode reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan digunakan untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan orang tua sangat penting untuk keberhasilan anak-anak mengembangkan kebiasaan positif. Jika orang tua sering mendampingi anak mereka di rumah, mereka dapat membantu memperkuat kebiasaan disiplin, tanggung jawab, dan religiusitas yang diterapkan di sekolah. Namun masalah tetap ada, seperti keterbatasan waktu pendampingan dan ketidaktahuan orang tua tentang konsep pembiasaan. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa kolaborasi terus-menerus antara sekolah dan keluarga dapat membantu optimalisasi peran orang tua agar nilai-nilai karakter anak ditanamkan dengan baik.
| Item Type: | Thesis (S1) | 
|---|---|
| Keywords / Katakunci: | Karakter, Pembiasaan, Anak Usia Dini, Optimalisasi Orangtua | 
| Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works | 
| Divisi / Prodi: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini | 
| Depositing User: | Siti Windari | 
| Date Deposited: | 30 Oct 2025 07:34 | 
| Last Modified: | 30 Oct 2025 07:34 | 
| URI: | http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1482 | 

