Optimalisasi Orang Tua Dalam Pelaksanaan 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat Program Kemendikbud Di RA Al-Huda

Siti Windari, P2202019 (2025) Optimalisasi Orang Tua Dalam Pelaksanaan 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat Program Kemendikbud Di RA Al-Huda. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.

[thumbnail of (Cover).pdf] Text
(Cover).pdf - Published Version

Download (56kB)
[thumbnail of (Bab1).pdf] Text
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (59kB) | Request a copy
[thumbnail of (Bab2).pdf] Text
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy
[thumbnail of (Bab3).pdf] Text
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (69kB) | Request a copy
[thumbnail of (Bab4).pdf] Text
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy
[thumbnail of (Bab5).pdf] Text
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (34kB) | Request a copy
[thumbnail of (Daftar Pustaka).pdf] Text
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (56kB) | Request a copy
[thumbnail of (Lampiran).pdf] Text
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (710kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran orang tua dalam membangun karakter anak usia dini melalui penerapan program 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat yang dicanangkan oleh Kemendikbud. Sekolah dan keluarga bekerja sama untuk menanamkan nilai-nilai positif, karena masa anak-anak adalah masa emas dalam membentuk karakter. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif peran orang tua dalam menerapkan tujuh kebiasaan tersebut di RA Al-Huda, serta untuk menemukan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat peran orang tua tersebut. Studi ini menggunakan metodologi kualitatif dan dirancang sebagai studi kasus.Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian, metode reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan digunakan untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan orang tua sangat penting untuk keberhasilan anak-anak mengembangkan kebiasaan positif. Jika orang tua sering mendampingi anak mereka di rumah, mereka dapat membantu memperkuat kebiasaan disiplin, tanggung jawab, dan religiusitas yang diterapkan di sekolah. Namun masalah tetap ada, seperti keterbatasan waktu pendampingan dan ketidaktahuan orang tua tentang konsep pembiasaan. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa kolaborasi terus-menerus antara sekolah dan keluarga dapat membantu optimalisasi peran orang tua agar nilai-nilai karakter anak ditanamkan dengan baik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords / Katakunci: Karakter, Pembiasaan, Anak Usia Dini, Optimalisasi Orangtua
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisi / Prodi: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Siti Windari
Date Deposited: 30 Oct 2025 07:34
Last Modified: 30 Oct 2025 07:34
URI: http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1482

Actions (login required)

View Item
View Item