Mohamad Fajar Nugraha, 2101022 (2025) Pengaruh Nilai Sabar Dan Tawakal Terhadap Daya Apung Akademik Peserta Didik SMP Mahardika Batujajar. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.
(Cover).pdf - Published Version
Download (71kB)
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (63kB) | Request a copy
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (270kB) | Request a copy
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (244kB) | Request a copy
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (271kB) | Request a copy
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (23kB) | Request a copy
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (112kB) | Request a copy
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya tekanan psikologis yang dialami siswa akibat kompleksitas tantangan akademik di era digital, yang berdampak pada motivasi dan ketahanan belajar mereka. Daya apung akademik, yaitu kemampuan siswa untuk bangkit dari kemunduran belajar, menjadi aspek penting dalam pembentukan karakter peserta didik. Namun demikian, kajian yang mengaitkan daya apung akademik dengan nilai-nilai spiritual, terutama kesabaran dan tawakal, masih sangat terbatas, khususnya dalam konteks Pendidikan Agama Islam. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah kesabaran dan tawakal secara signifikan memengaruhi daya apung akademik, menilai besarnya pengaruh ini secara statistik, dan mengidentifikasi kontribusinya terhadap ketahanan akademik siswa. Penelitian ini menggunakan desain eksplanatori kuantitatif yang melibatkan siswa kelas VIII SMP Mahardika Batujajar, yang dipilih secara acak. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang tervalidasi dan reliabel, kemudian dianalisis dengan regresi linier berganda. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kesabaran memiliki pengaruh positif tetapi tidak signifikan secara statistik, sementara tawakal menunjukkan pengaruh negatif tetapi juga tidak signifikan terhadap daya apung akademik. Koefisien determinasi (R²) sebesar 5,4%, yang berarti kedua variabel ini hanya menjelaskan sebagian kecil varians daya apung akademik, sementara sebagian besar dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Meskipun kurangnya hasil statistik yang signifikan, data deskriptif mengungkapkan bahwa siswa secara umum menunjukkan tingkat kesabaran dan tawakal yang tinggi, yang menunjukkan bahwa kedua nilai tersebut mungkin masih bermakna dalam mendukung pembentukan karakter dan ketahanan dalam pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Keywords / Katakunci: | daya apung akademik, ketahanan belajar, pendidikan agama Islam, sabar, tawakal. |
| Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
| Divisi / Prodi: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Mohamad Fajar Nugraha |
| Date Deposited: | 01 Nov 2025 08:53 |
| Last Modified: | 01 Nov 2025 08:53 |
| URI: | http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1481 |

