Aulia Rahma, 2202009 (2025) Penerapan Metode Jolly Phonics Dalam Mengenalkan Abjad Pada Kelompok A Di RA Bustanul Athfal Situwangi. S1 Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah Cihampelas Bandung Barat.
(Cover).pdf - Published Version
Download (74kB)
(Bab1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (89kB)
(Bab2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (139kB)
(Bab3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (78kB)
(Bab4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (138kB)
(Bab5).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (9kB)
(Daftar Pustaka).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (83kB)
(Lampiran).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (390kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan anak dalam mengenal huruf, baik dari aspek visual maupun fonetik. Berdasarkan hasil observasi di RA. Bustanul Athfal Situwangi, diketahui bahwa sebagian besar anak hanya mampu menghafal urutan huruf, namun mengalami kesulitan ketika huruf tersebut disajikan secara acak. Selain itu, metode pembelajaran yang digunakan masih bersifat konvensional, sehingga membuat anak mudah merasa bosan, kurang fokus, serta tidak menunjukkan minat yang optimal dalam mengikuti proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan, mengetahui hasil, serta menganalisis faktor-faktor yang mendukung dan menghambat proses pelaksanaannya penerapan metode jolly phonics dalam mengenalkan abjad pada kelompok A di RA. Bustanul Athfal Situwangi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Jolly Phonics dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal abjad baik dari segi visual maupun fonetik. Anak menjadi lebih aktif, antusias, dan mampu memahami huruf melalui pendekatan multisensori dengan memanfaatkan lagu, gerakan, dan media visual. Faktor pendukung penerapan metode ini adalah ketersediaan media yang menarik dan kreativitas guru, sedangkan faktor penghambatnya adalah keterbatasan alat dan kurangnya keterlibatan orang tua. Pada penelitan ini memberikan rekomendari kepada Sekolah untuk memberikan fasilitas kepada guru dalam proses penerapannya, Kepada Guru untuk mengembangkan kegiatan pembelajaran, Orang tua untuk bisa menggulang di rumah dalam proses pembelajaran di kelas, serta kepada peneliti selanjunya untuk terus memberikan panduan kepada guru dalam mengembangkan media pembelajaran yang menarik.
| Item Type: | Thesis (S1) | 
|---|---|
| Keywords / Katakunci: | Jolly Phonics, Pengenalan Huruf, Anak Usia Dini, RA Bustanul Athfal Situwangi | 
| Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works | 
| Divisi / Prodi: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini | 
| Depositing User: | Aulia Rahma | 
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 02:49 | 
| Last Modified: | 29 Oct 2025 02:49 | 
| URI: | http://repository.staidaf.ac.id/id/eprint/1471 | 

